Jadikan Ogan Ilir Sebagai Produsen Serat Daun Nanas Terbesar di Indonesia, Bupati Studi Tiru ke Philipina

Jadikan Ogan Ilir Sebagai Produsen Serat Daun Nanas Terbesar di Indonesia, Bupati Studi Tiru ke Philipina

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, saat meninjau sentra pengelolaan serat daun nanas yang ada di Kabupaten Ogan Ilir. --

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, saat ini tengah menjalani lawatan ke Philipina, untuk studi tiru mengenai pengelolaan serat daun nanas

Hal itu dilakukannya, semata-mata untuk mewujudkan keinginan menjadikan Kabupaten Ogan Ilir sebagai produsen penghasil serat nanas terbesar di Indonesia. 

Sebagaimana diketahui, nanas adalah salah satu produk unggulan sektor pertanian hortikultura yang dimiliki oleh Kabupaten Ogan Ilir, bahkan menjadi yang pertama di Sumsel. 

Bahkan, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statisik (BPS) Kabupaten Ogan Ilir di awal 2023 lalu, produksi nanas Kabupaten Ogan Ilir mencapai 4.215.919 kuintal. 

BACA JUGA:Simak 7 Desain Rumah Dua Lantai Keren Ala Luar Negeri, Cocok Untuk Pasangan yang Baru Menikah

Jumlah produksi ini paling tinggi dari 17 kabupaten dan kota di Sumsel. Dimana, hasil produksi nanas di Sumsel pada tahun 2021 mencapai 4.760.741 kuintal. 

Atas dasar inilah menjadikan keinginan Bupati Ogan Ilir, untuk menjadikan Bumi Caram Seguguk ini sebagai daerah penghasil serat daun nanas tertinggi di Indonesia. 

Buah nanas tak hanya dapat diolah menjadi produk makanan maupun minuman. Namun, daunnya juga bisa dijadikan produk kerajinan yang bernilai tinggi.

Berdasarkan keinginannya tersebut, Bupati beserta jajarannya pun sudah melakukan berbagai upaya untuk menimbah ilmu dan pengetahuan dari daerah lain mengenai pengelolaan daun nanas. 

BACA JUGA:6 Pejabat Polres OKI Dimutasi, AKP Budi Santoso Jabat Kapolsek SP Padang

Bupati Panca pernah mengungkapkan, bahwa serat nanas bukan hanya untuk dijadikan sebagai bahan untuk pakaian, namun bisa juga dijadikan tas, dan sepatu. 

"Saya sudah lihat keliling Indonesia," kata Panca kepada wartawan di Indralaya.

Panca menyebut Ogan Ilir sangat berpeluang menjadi produsen serat nanas terbesar di Indonesia. Bukan tanpa alasan, secara kuantitas, 96 persen produksi nanas di Sumsel berasal dari daerah Ogan Ilir.

"Harapannya Ogan Ilir bisa contoh produksi nanas terbesar di Indonesia," tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: