Kualitas Udara Membaik, Pelajar di Kota Kayuagung Kembali Masuk Sekolah Normal

Kualitas Udara Membaik, Pelajar di Kota Kayuagung Kembali Masuk Sekolah Normal

Siswa sekolah SMP Negeri 1 Kayuagung, mengikuti pembelajaran di kelas. -Niskiah/Sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Mulai Senin 6 November 2023, para pelajar sekolah tingkat TK, SD, dan SMP di Kota Kayuagung, Sumatera Selatan, kembali masuk sekolah normal yakni pukul 07.00 WIB. 

Sebelumnya, para pelajar sekolah tersebut masuk belajar dimulai pukul 09.00 WIB, karena adanya kabut asap dan menyebabkan kualitas udara tidak sehat.

Kabut asap tersebut disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir.

"Sudah normal lagi masuk sekolah jam 06.40 WIB sekolah kita, sudah mulai Senin tadi. Karena kabut asap berkurang dan kualitas udara sedang," kata Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kayuagung, Hj Nurhayati SPd MPd melalui Wakasek kesiswaan Kholilurrahman SAg. 

Diungkapkan, Kholil karena adanya kabut asap dan membuat kualitas udara tidak sehat, maka pemerintah Kabupaten OKI mengeluarkan kebijakan yaitu para pelajar di masuk sekolah nya mundur menjadi pukul 09.00 WIB. 

BACA JUGA:Full Senyum, Bansos BPNT November-Desember 2023 Telah Cair Rp400 Ribu, Saldo ATM Auto Bertambah

"Masuk sekolah pukul 09.00 WIB kemarin mulai 30 Oktober hingga 4 November 2023. Karena kualitas udara sudah bagus sehingga masuk sekolah normal lagi," jelas Kholil, Kamis 9 November 2023.

Kholil menyebut, para pelajar sangat senang bisa masuk sekolah kembali normal termasuk jam belajar juga. Masuk sekolah pukul 09.00 WIB kemarin jam belajar dikurangi masing-masing 10 menit. 

"Jadi sekolah sudah masuk normal Senin kemarin hingga hari ini. Asap juga sudah berkurang," ucapnya. 

Lanjutnya, saat kabut asap lalu, untuk kegiatan di luar sekolah juga ditiadakan, ini dilakukan agar para pelajar tidak terjangkit penyakit Ispa

BACA JUGA:Peringati Hari Jadi Itjen ke-57, Kemenkumham Sumsel Kukuhkan 295 Duta Integritas, Ini Pesan Wamenkumham

Dikatakan Kholil, setelah sudah adanya turun hujan beberapa waktu lalu, akhirnya membuat kualitas udara menjadi baik. 

"Dari nilai Ispu hari ini untuk kualitas udara di Kayuagung masuk kategori sedang dengan nilai 71," ujarnya. 

Lalu, sambung dia, untuk kualitas udara Rabu kemarin dengan kualitas baik yakni nilai 27. Saat kabut asap kemarin pihaknya mendukung kebijakan pemerintah yakni masuk sekolah pukul 09.00 WIB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: