Peringati Hari Jadi Itjen ke-57, Kemenkumham Sumsel Kukuhkan 295 Duta Integritas, Ini Pesan Wamenkumham

Peringati Hari Jadi Itjen ke-57, Kemenkumham Sumsel Kukuhkan 295 Duta Integritas, Ini Pesan Wamenkumham

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya mengikuti kegiatan Penguatan Program Dukungan Manajemen Unit Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2023 dalam rangka memperingati Hari Jadi Inspektorat Jenderal ke-57 dan Pengukuhan Duta Integritas Tahun 2023 secara virtual, Rabu 8 November 2023.

Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Edward Omar Sharif Hiariej dalam sambutannya mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap inovasi dan terobosan Inspektorat Jenderal dalam meningkatkan mutu pengawasan.

Hal ini dibuktikan keberhasilan capaian kinerja dan prestasi mulai dari WTP 14 kali, Satuan Zona Integritas yang terus bertambah, Indeks Integritas yang meningkat, dan penghargaan kepatuhan tinggi standar pelayanan publik dari Ombudsman RI.

Selain itu, Wamenkumham juga mengukuhkan 295 pegawai yang tersebar di seluruh satker Kemenkumham se-Indonesia sebagai Duta Integritas.

BACA JUGA:LUAR BIASA! Kemenkumham Babel Terbaik Kedua Pelaporan LHKASN

“Pembentukan Duta Integritas untuk pembaharuan percepatan implementasi integritas pegawai dan integritas organisasi, dengan memanfaatkan peran pimpinan unit kerja sebagai role model,” ujarnya.

Wamenkumham berpesan kepada Duta Integritas bahwa hal ini tidak hanya bersifat simbolis namun harus diimplementasikan dengan program kerja, rencana aksi yang spesifik dan terukur secara periodik.

“Sehingga Pembangunan integritas dapat memberikan panduan dalam pembentukan, pendayagunaan, pembinaan, serta monitoring duta integritas di Kemenkumham,” tegasnya.

Dari 295 Duta Integritas yang telah dikukuhkan, Kepala Kantor Wilayah secara otomatis sebagai Duta Integritas yang memimpin dan memberikan arah kebijakan pada jajarannya di unit kerjanya sesuai dengan kriteria Duta Integritas.

BACA JUGA:Hot News! Bella Hadid Didepak Dior Sebagai Brand Ambassador Karena Gencar Bela Palestina

Selain itu, terdapat 3 (tiga) Kepala Lapas di Sumsel yang menjadi Duta Integritas. Mereka adalah Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Ronald Heru Praptama, Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang Ike Rahmawati, dan Kepala Lapas Kelas IIA Lubuklinggau Hamdi Hasibuan.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya menyampaikan bahwa, ketiga Kalapas yang menjadi Duta Integritas tersebut telah ditempa dengan baik.

“Sebelumnya mereka telah mengikui Pelatihan Refleksi dan Aktualisasi Integritas (PRESTASI) yang digelar oleh KPK. Mereka pun telah ditunjuk oleh KPK sebagai Duta Prestasi,” ujar Ilham.

Penetapan Duta Integritas ini, lanjut Ilham, diharapkan mampu memberikan pengaruh positif dengan merefleksi core value BerAKHLAK bagi lingkungannya menjadi organisasi yang berintegritas, meningkatkan nilai pelaksanaan reformasi birokrasi, serta menjadikan satkernya memiliki peluang lebih besar untuk memperoleh predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: