CEK FAKTA! Cuaca Panas dan Siram Air Bikin Kampas Rem Cepat Rusak, Berikut Ciri Kampas Rem Aus

CEK FAKTA! Cuaca Panas dan Siram Air Bikin Kampas Rem Cepat Rusak, Berikut Ciri Kampas Rem Aus

Jika kampas rem tidak berfungsi dengan baik, mobil akan memerlukan jarak pengereman yang lebih jauh dan waktu yang lebih lama untuk berhenti.--

SUMEKS.CO - Salah satu komponen yang memiliki peran penting dari suatu kendaraan adalah kampas rem, karena bila mengalami masalah rentan akan terjadinya kecelakaan.

Masalah yang biasa terjadi pada kampas rem, biasanya pengaruh dari seringnya melakukan pengeraman meski kendaraan dalam kecepatan rendah

Sehingga, membuat kampas rem kendaraan Anda menjadi cepat aus atau rusak.

Ada lagi yang beranggapan, kampas rem bakal cepat habis atau rusak karena pengaruh cuaca panas terutama saat kendaraan terparkir diarea terbuka.

BACA JUGA:5 Cara Akurat Mengetahui Oli Palsu, 2 Sampai 5 Tertera Jelas Pada Kemasan

Dari informasi yang dirangkum Ahad 5 November 2023, anggapan kampas rem cepat rusak karena pengaruh cuaca panas tersebut ternyata bisa dibenarkan.

Salah satu supplier rem mobil di Jakarta mengungkapkan, bahwa musuh utama kampas rem cepat rusak salah satu diantaranya adalah karena panas.

Menurutnya, kinerja dari kampas rem yang saling menekan satu sama lain akan semakin berat pada roda kendaraan, karena gesekan antara keduanya juga menghasilkan panas.

Untuk itu, ada baiknya memilih kampas rem yang tahan atau menyerap panas sehingga kampas rem tidak gampang rusak atau aus.

BACA JUGA:Hindari Pelumas Oli Bekas! Ini 5 Rahasia Merawat Gear Set Sepeda Motor, Dijamin Awet Bertahun-tahun

Kampas rem yang dijual murah dipasaran, menjadi salah satu indikasi bahwa kampas rem tersebut palsu dan mudah rusak serta tidak tahan panas.

Dampak jangka panjang dari kamaps rem yang tidak berkualitas atau dengan harga murah, akan mempengaruhi daya cengkram kampas rem itu sendiri.

Ada juga sebagian pengendara, apabila kampas rem relalu panas maka disiram dengan air.

Ternyata dengan menyiram air pada kampas rem yang panas, bakal merusak seluruh komponen pengeran pada roda kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: