5 Cara Akurat Mengetahui Oli Palsu, 2 Sampai 5 Tertera Jelas Pada Kemasan

5 Cara Akurat Mengetahui Oli Palsu, 2 Sampai 5 Tertera Jelas Pada Kemasan

5 Cara ampuh mengetahui oli palsu yang membahayakan bahkan merusak mesin kendaraan.--

SUMEKS.CO - Kualitas oli sangat menentukan performa mesin. Penggunaan oli palsu yang tanpa disadari sangat berbahaya bagi mesin. 

Oli sangat penting sebagai pelumas mesin mobil atau pun sepeda motor. Agar tidak terjadi gesekan secara langsung yang menyebabkan suhu mesin meningkatkan, harus diberi pelumas. 

Jika mesin tanpa oli mesin akan aus dan dipastikan rusak. Tidak terbayang oli yang baru saja diganti diharapkan dapat melaksanakan fungsinya sebagai pelumas, ternyata oli palsu. 

Sudah mengeluarkan biaya untuk ganti oli dengan harapan mesin tetap prima, justru mesin menadi rusak. 

BACA JUGA:Hindari Pelumas Oli Bekas! Ini 5 Rahasia Merawat Gear Set Sepeda Motor, Dijamin Awet Bertahun-tahun

Perlu diketahui penggunaan oli palsu sangat berbahaya bagi mesin. Karena oli palsu tidak mengandung zat yang dibutuhkan untuk melumasi mesin dengan baik. 

Lama kelamaan jika terus menggunakan oli palsu, akan terjadi endapan pada mesin. Endapan ini dipastikan akan merusak mesin. Apalagi bila tidak disadari dan terjadi penumpukan terus menerus. 

Gesekan dalam mesin menggunakan pelumas oli palsu tidak memberikan perlindungan pada mesin. Kemudian suhu mesin akan panas dan akan menyebabkan kerusakan parah. 

Penggunaan oli palsu jangka waktu lama akan menyebabkan performa mesin menurun. Mobil tidak bertenaga, pedal gas dan rem menjadi beras. Ini menyebabkan kelumpuhan pada mobil.

BACA JUGA:Inilah 10 Penyebab Tarikan Gas Motor Terasa Berat, Nomor 6 Sering Terjadi! Berikut Pencegahannya

Untuk itu harus pandai-pandai memilih oli, agar terhindar dari penggunaan oli palsu. Berikut telah kami rangkum cara mengetahui oli palsu:

1. Berbau Aneh

Bila kamu tidak dapat membedakan oli palsu atau asli, bisa dilakukan dengan mencium oli itu. Bila oli itu palsu, dari aroma akan terasa aneh. 

Bauh ane dari oli pada umumnya menandakan kualitas oli itu tidak baik. Oli asli akan terasa wangi atau setidaknya tidak aneh sepeda oli palsu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: