MasyaAllah! Kemarau Melanda, Warga Air Sugihan Beli Air Galon

MasyaAllah! Kemarau Melanda, Warga Air Sugihan Beli Air Galon

PMI memberikan air bersih kepada warga di Kabupaten OKI yang mengalami kesulitan air bersih. --

BACA JUGA:UBD Palembang Gelar Event Open Tournament se Sumsel Rebut Piala Rektor Universitas Bina Darma 2023

Agus mengatakan, semua warga Desa Kecamatan Air Sugihan yang terdiri 19 Desa sekarang ini membeli air galon. Maka jelas menambah pengeluaran rumah tangga setiap harinya. 

Lanjutnya, biasanya mobil pengecer air galon ini mendatangi desa-desa pagi hari. Tetapi kalau mobil ini sudah lewat maka masyarakat bisa membeli di warung-warung yang ada di Desa. 

Dimana air galon yang dijual oleh warung pun berasal dari mobil pengecer tersebut. Apabila setiap hari semua kebutuhan air di rumah membeli air galon termasuk mandi dan mencuci jelas bisa puluhan galon. 

Jadi, menghemat pengeluaran dengan membeli air galon hanya untuk kebutuhan memasak saja. 

BACA JUGA:Berenang dengan Kantong Sampah dari Malaysia ke Singapura, Pria Asal Indonesia Bakal Terima 7 Pukulan Cambuk

"Kalau bukan musim kemarau seperti ini semua masyarakat Air Sugihan untuk kebutuhan air setiap hari dengan cara menampung air hujan pada bak-bak penamungan," bebernya. 

Masih dikatakan Agus, jadi selama musim kemarau ini kebutuhan air untuk mandi dan mencuci mengambil air sungai (Parit tersier) dekat desa itupun saat air sungai lagi pasang. 

"Ambil air sungai nya saat pasang biasanya malam hari, terkadang sore. Ada yang ambilnya dengan menggunakan mesin air bukan angkut dengan dirigen," terangnya. 

Dia menambahkan, musim kemarau ini pengeluaran rumah tangga menjadi besar karena harus membeli air galon. Semoga hujan segera tiba dan membuat masyarakat tidak kesulitan air bersih lagi. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: