WAW! 20.000 Siswa Ikuti Gerakan Nasional Aksi Bergizi, Pj Bupati Muara Enim Serahkan Tablet Penambah Darah

WAW! 20.000 Siswa Ikuti Gerakan Nasional Aksi Bergizi, Pj Bupati Muara Enim Serahkan Tablet Penambah Darah

GIZI : 20.000 siswa/siswi SMP/MTS, SMA/SMK, dan MAN yang berasal dari 22 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muara Enim mengikuti Gerakan Nasional Aksi Bergizi.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Sebanyak 20.000 siswa/siswi SMP/MTS, SMA/SMK, dan MAN yang berasal dari 22 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muara Enim mengikuti Gerakan Nasional Aksi Bergizi Kabupaten Muara Enim Tahun 2023 secara daring yang terpusat di Aula SMP Negeri 2 Kecamatan Lawang Kidul, Kamis 26 Oktober 2023.

Aksi Bergizi ini dihadiri langsung oleh Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Hj Rose Mafiana yang mana keduanya secara simbolis memberikan tablet tambah darah (TTD) kepada beberapa perwakilan remaja putri guna menekan angka stunting.

Turut hadir diantaranya Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim, Camat Lawang Kidul, Unsur Forkopimcam Kecamatan Lawang Kidul, Direktur RSUD HM Rabain Muara Enim, Kepala Puskesmas Tanjung Enim, Kepala Sekolah SMP N 2 Lawang Kidul beserta jajarannya.

Pj Bupati mengatakan, kegiatan ini merupakan gerakan nasional yang dilaksanakan untuk mendorong dan meningkatkan kesadaran anak-anak para generasi penerus dalam mengonsumsi makanan bergizi, tablet tambah darah (TTD) dan memperbanyak aktivitas fisik sehingga diharapkan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik menjadi pribadi yang unggul.

BACA JUGA:Persiapan Pelaksanaan Pemilu 2024, Polsek Tanjung Lago Koordinasi dengan Anggota Panwascam

Mendukung hal tersebut, Pj Bupati Rizali langsung menginstruksikan Dinas Kesehatan maupun Perangkat Daerah terkait lainnya bersama para guru dan Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) serta dibantu TP PKK dapat terus berkesinambungan memberikan penyuluhan dan mendorong anak-anak usia sekolah untuk mengonsumsi makanan bergizi dan giat berolahraga sehingga terhindari dari kekurangan zat besi (anemia), stunting, kurang energi protein (malnutrisi) dan kegemukan (obesitas).

Disamping itu, Pj Bupati menghimbau Kepala Sekolah se-Kabupaten Muara Enim untuk mengadakan test IQ kepada seluruh siswa/siswi di sekolah masing-masing.

"Adakan tes IQ ya, ajak psikolog atau undang psikolog, tidak apa-apa walaupun pakai biaya. Itu untuk kepentingan anak-anakku semua, nanti kelihatan bakat kalian kearah mana," pinta Pj Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim dr Eni Zatila menerangkan, kegiatan ini dilakukan guna membiasakan siswa/siswi baik itu tingkat SMP ataupun SMA untuk berperilaku hidup bersih dan sehat atau mengikuti gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

BACA JUGA:LUAR BIASA! Kemenkumham Babel Terbaik I Persentase Kenaikan Pendaftaran Kekayaan Intelektual

"Gerakan Nasional Aksi Bergizi hari ini dimulai dengan senam sehat bersama, kemudian sarapan bersama semuanya membawa bekal dari rumah yang isinya adalah menu sehat bergizi seimbang diteruskan dengan minum TTD untuk remaja putri sebagai upaya pencegahan stunting. Kenapa hanya remaja putri saja yang meminumnya karena remaja putri dipersiapkan sebagai calon ibu dimasa mendatang,"ujar Eni.

Eni berharap kegiatan yang lahir dari hasil kolaborasi antara Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan beserta jajaran sampai ke tingkat sekolah dapat diteruskan setiap minggu di sekolah masing-masing.

Karena kegiatan ini merupakan langkah awal untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Muara Enim disamping memberikan manfaat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dimasa mendatang.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: