Jangan Asal Bangun, Rasulullah SAW Larang Umatnya Dirikan Rumah Dekat Masjid, Ini Alasannya

Jangan Asal Bangun, Rasulullah SAW Larang Umatnya Dirikan Rumah Dekat Masjid, Ini Alasannya

--

BACA JUGA:Sering Dianggap Kuno, Gaya Vintage Jadikan Ruangan Lebih Estetik, Ini 5 Ide Bikin Interior Rumah Makin Kece

1. Toilet Tidak Menghadap Kiblat

Seperti diketahui khalayak, bahwa kiblat merupakan arah yang menjadi acuan umat Islam beribadah menjalankan shalat 5 waktu maupun sunnah. Bahkan, saat tidur atau saat tidur Rasulullah menganjurkan umatnya untuk menghadap kiblat.

Namun tidak dengan toilet, karena dilarang menghadap kiblat karena dianggap tidak layak. Rasul sendiri menganjurkan, bahwa ketika membangun rumah maka jangan hadapkan toilet ke arah kiblat.

2. Ruangan Khusus Ibadah

BACA JUGA:Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2 Lantai, Cocok Buat Kamu yang Ingin Punya Hunian Impian

Ummat Islam setiap beribadah otomatis menginginkan tempat yang nyaman agar menambah kekhusyukan menghadap Sang Khalik. Maka direkomendasikan untuk menghadirkan ruangan khusus untuk Anda ibadah di rumah.

Alasannya, dapat digunakan untuk shalat sunnah, berjamaah, membaca Alquran atau aktivitas lainnya tentang Islam. Ruang ibadah khusus juga dapat digunakan sebagai tempat belajar bagi keluarga.

Hal ini dikarenakan rumah tidak hanya sebagai tempat beristirahat atau berkumpul keluarga saja, melainkan sebagai tempat pendidikan usia dini termasuk pendidikan agama.

Dengan mendesain konsep rumah dengan ruangan ibadah khusus, sekaligus mewujudkan “Baiti Jannati”, rumahku surgaku.

BACA JUGA:Mitos 8 Benda Wajib Ada Dirumah Dipercaya Bisa Mendatangkan Rezeki Berlimpah, Nomor 6 Gak Nyangka!

3. Jangan Pajang Lukisan

Selain itu, desain interior rumah biasanya memiliki hiasan dinding berupa gambar, foto, dan lukisan. Namun bentuk lukisan yang umum digunakan adalah lukisan makhluk seperti hewan dan tumbuhan, hewan dan manusia.

Namun tak banyak diketahui, ternyata lukisan yang sifatnya bernyawa tidak diperbolehkan. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Di mata Allah, orang yang menerima hukuman paling berat di hari kebangkitan adalah para juru gambar." (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, Rasulullah SAW juga melarang dalam hadits: "Kecuali jika Anda terluka, jangan biarkan gambar makhluk itu muncul, kecuali Anda meratakannya ke tanah, jangan biarkan kuburan naik." (HR. Muslim).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: