CATAT! Bakal Diresmikan Jokowi pada 26 Oktober 2023, Ini Estimasi Besaran Tarif Tol Indralaya-Prabumulih

CATAT! Bakal Diresmikan Jokowi pada 26 Oktober 2023, Ini Estimasi Besaran Tarif Tol Indralaya-Prabumulih

Ruas Tol Indralaya-Prabumulih.--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dijadwalkan akan melakukan peresmian ruas Tol Indralaya-Prabumulih pada Kamis, 26 Oktober 2023 mendatang. 

Mengenai rencana kedatangan Jokowi ke ruas Tol Indralaya-Prabumulih ini, sudah dikonfirmasi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Menurut rencana, Jokowi akan meresmikan ruas tol yang merupakan bagian dari proyek Trans Sumatera. Basuki menyebut, bahwa Jokowi sendiri yang akan melakukan peresmian. 

"Mungkin hari Kamis nanti, dari Palembang langsung ke Indralaya-Prabumulih," ungkap Basuki, Senin, 23 Oktober 2023.

BACA JUGA:26 Oktober, Jokowi Kunjungi Ogan Ilir, Resmikan Tol Indralaya-Prabumulih dan Icip-Icip Pindang

Pasca diresmikan Jokowi nanti, dengan demikian, Tol Indralaya-Prabumulih secara otomatis akan segera berbayar. Karena, sejak dioperasikan pada 30 Agustus 2023, beroperasi tanpa tarif. 

Sebelumnya, Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Triono Junoasmono menerangkan, bahwa tarif per kilometer sebesar Rp 1.300.

"Untuk tarif per kilometernya itu sebesar Rp 1.300, ya dihitung saja Tol Indralaya-Prabumulih kan panjangnya 64,5 kilometer," ujarnya. 

Untuk diketahui, Jalan Tol Indralaya-Prabumulih merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim. Adapun total panjang sekitar 119 kilometer.

BACA JUGA:Tol Indraprabu Diresmikan Presiden Bulan Ini? Kades Karangan: Belum Ada Keterangan Resmi, Tapi Sudah Ada Rapat

Panjang tol ini terbagi menjadi 2 Seksi, dimana untuk Seksi 1 Simpang Indralaya-Prabumulih, dan Seksi 2 Prabumulih-Muara Enim sepanjang 54 Kilometer. 

Jalan Tol ini melewati wilayah Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim, dan Kota Prabumulih yang dilengkapi 2 Simpang Susun.

Selain itu tol ini terdapat 1 Gerbang Tol, dan 1 TIP (Rest Area) Tipe A. Dengan adanya tol ini, jarak dari Palembang ke Prabumulih cukup 1 jam saja.

Selain akan meresmikan Tol Indralaya-Prabumulih, menurut rencana, Jokowi juga akan melakukan blusukan ke Pasar Indralaya. Serta, akan makan-makan di Indralaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: