Pj Gubernur Agus Fatoni Bersama Menko PMK RI Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional di Sumsel

Pj Gubernur Agus Fatoni Bersama Menko PMK RI Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional di Sumsel

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni bersama Menko PMK RI Muhadjir Effendy hadiri Peringatan Hari Santri Nasional di Sumsel, Minggu, 22 Oktober 2023.--dok : sumeks.co

MUSI BANYUASIN, SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia (RI) Muhadjir Effendy menghadiri peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 di Lapangan Rajawali Desa Mekar Jadi, Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Minggu 22 Oktober 2023.

Dalam acara peringatan Hari Santri Nasional kali ini mengusung tema ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’ dimana dalam acara tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an, selanjutnya dilanjutkan salawat dan doa bersama untuk negeri. 

Dalam sambutannya, Agus Fatoni mengucapkan terima kasih kepada Menko PMK RI Muhadjir Effendy yang telah menyempatkan hadir dalam peringatan Hari Santri Nasional di Musi Banyuasin.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Menteri yang telah menyempatkan hadir di Sumatera Selatan semoga dengan kehadiran Bapak menjadi berkah pada momen hari santri ini," kata Fatoni.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Apresiasi Capaian Pertumbuhan Ekonomi dan Peningkatan IPM Kota Prabumulih

Lebih lanjut Fatoni juga menyebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel sudah menyediakan anggaran yang cukup untuk pengembangan ponpes yang bukan hanya sekedar lembaga pendidikan yang memberikan ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama, namun juga sebagai tempat pembentukan karakter dan akhlak bagi generasi penerus bangsa.

"Pemprov Sumsel memberikan memperhatikan khusus dalam mendorong pengembangan Ponpes melalui menyediakan anggaran yang cukup yang akan menjadi stimulus bagi Ponpes untuk berkembang dan semakin maju," ucap Fatoni.

Selain itu menurutnya dalam pembangunan dan perkembangan ponpes akan memberikan ilmu serta membentuk akhlak serta karakter untuk pata santri.

“Dengan kedisiplinan yang ketat dalam mencetak santri-santri  mandiri yang Insya Allah mempunyai akhlak yang baik," sambungnya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Tinjau Fasilitas Olahraga di JSC Palembang

Dalam kesempatan itu dia juga berpesan kepada para santri yang tengah mengenyam pendidikan di pondok, agar lebih giat belajar dengan tetap menyeimbangkan pendidikan ilmu pengetahuan  umum dengan ilmu agama. 

"Para santri teruslah giat belajar, semoga Allah terus memberikan keberkahan untuk kita semua," tandasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Menko PMK meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) mengalokasikan anggaran untuk kemajuan pondok pesantren di daerah.

"Kita ingin Pemda mengalokasikan anggaran untuk kemajuan Ponpes di daerah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: