Wabup Hadiri Peringatan Hari Santri se-Kabupaten Ogan Ilir di Ponpes Darul Iman Muara Kuang

Wabup Hadiri Peringatan Hari Santri se-Kabupaten Ogan Ilir di Ponpes Darul Iman Muara Kuang

Wabup Ogan Ilir, Ardani, saat menghadiri acara peringatan Hari Santri tingkat Kabupaten Ogan Ilir tahun 2023 di Ponpes Darul Iman Muara Kuang. Foto: dokumen/sumeks.co--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten OGAN ILIR melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), menyelengarakan peringatan Hari Santri tingkat Kabupaten OGAN ILIR tahun 2023.

Kegiatan yang dipusatkan di Pondok Pesantren Darul Iman Desa Serikembang Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir, Minggu, 22 Oktober 2023 ini, dihadiri langsung Wakil Bupati Ogan Ilir, Ardani. 

Dalam sambutannya, Ardani menyampaikan, bahwa santri merupakan pejuang ilmu pengetahuan yang tidak kenal lelah mengejar pengetahuan. Santri juga tidak kenal lelah mengejar kebijaksanaan sebagai senjata utamanya. 

"Dalam tradisi Islam, jihad intelektual adalah cara untuk membela nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan pengetahuan," ungkapnya. 

BACA JUGA:LUAR BIASA! Peringati Hari Santri, Kiyai dan Santri di Kabupaten OKI Gelar Sholat Istighosah dan Doa Bersama

Ditambahkan Ardani, santri merupakan teladan dalam menjalani jihad ini. Buku merupakan senjata dan pena sebagai tongkat kebijaksanaan para santri dalam memperdalam ilmu dan menyebarkan cahaya pengetahuan. 

Ardani juga memaparkan, bahwa pasca kemerdekaan Republik Indonesia, santri lebih bersemangat lagi untuk memenuhi panggilan ibu pertiwi. Mereka tidak asyik dengan dirinya sendiri, akan tetapi terlibat secara aktif. 

"Baik itu di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi, dan ilmu pengetahuan serta agama," sebutnya. 

Menurut Ardani, catatan-catatan tersebut menunjukkan bahwa santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja. Sehingga, mengasosiasikan santri hanya dengan bidang ilmu keagamaan saja tidaklah tepat. 

BACA JUGA:Kado Terindah Hari Santri, Bupati Enos Programkan Beasiswa Santri Berprestasi

"Santri sekarang telah merambah ke berbagai bidang profesi, memiliki keahlian bermacam-macam, bahkan mereka menjadi pemimpin negara," lanjutnya. 

Meski bisa menjadi apa saja, santri tidak melupakan tugas utamanya, yaitu, menjaga agama itu sendiri. Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap prilakunya. 

"Bagi santri, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan," katanya lagi. 

Melalui momen peringatan Hari Santri tahun 2023 ini, Ardani mengajak, para santri untuk untuk mendoakan para pahlawan dari kalangan ulama, kyai, dan santri yang telah syahid di medan perang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: