Ternyata Palestina Mengakui Kemerdekaan Indonesia 1944, Soekarno Baru Membacakan Proklamasi Setahun Kemudian

Ternyata Palestina Mengakui Kemerdekaan Indonesia 1944, Soekarno Baru Membacakan Proklamasi Setahun Kemudian

Palestina adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia setahun sebelum Ir Soekarno membacakan Proklamasi Kemerdekaan.--

SUMEKS.CO - Bagi Indonesia, Palestina merupakan negara yang spesial. Begitu besar perhatian negara yang selalu diderah konflik dengan Zionis Israel, terhadap Indonesia. 

Jauh sebelum Ir Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, Palestina sudah memberikan dukungan kemerdekaan kepada Indonesia. 

Tepatnya tanggal 6 September 1944, Mufti Besar Palestina, Syekh Muhammad Amin Al Husaini, melalui radio Berlin, menyampaikan dukungan atas kemerdekaan Indonesia

Pengakuan Palestina itu merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Setelah Soekarno-Hatta membacakan teks proklamasi, tepatnya 22 Maret 1946, Mesir sebagai negara kedua mengakui kemerdekaan Indonesia. 

BACA JUGA:Dari 193 Negara Hanya 50 Tak Akui Kemerdekaan Palestina, Tetap Belum Dianggap Merdeka

Atas jasa Palestina itu, dukungan atas kemerdekaan Palestina, terus diperjuangkan Indonesia. Bahkan, Indonesia menganggap Palestina sebagai negara istimewa di mata Indonesia. 

Tidak saja dukungan kemerdekaan di pentas internasional, berbagai bantuan terus diberikan kepada rakyat Palestina. Bahkan, Indonesia mendirikan rumah sakit di negara Palestina. 

Penjajahan yang dilakukan Zionis Israel terus dilakukan. Penjualan pun terus dilakukan rakyat Palestina. 

Badai Al Aqsha, Sabtu 7 Oktober 2023, babak baru bagi perjuangan Palestina dalam memperoleh kemerdekaan. Palestina sudah terlibat banyak perang sejak tahun 1948 untuk memperoleh kemerdekaan.

BACA JUGA:Ngeri! Konflik Israel-Palestina Disebut Jadi Tanda Besar Kiamat, Ini Penjelasan Ustad Abdul Somad

Namun perjuangan panjang itu belum membuahkan hasil. Yang menimbulkan kebingungan, dari 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), hanya 50  negara tidak mengakui kemerdekaan Palestina. 

Atau dengan kata lain sekitar 82 persen populasi dunia secara resmi mengakui Palestina sebagai sebuah negara. Namun, tetap saja kemerdekaan Palestina belum diakui. 

Tidak ada alasan valid kenapa Palestina tidak diakui sebagai negara. Sebab syarat negara merdeka sudah terpenuhi oleh Palestina. 

Lantas apa saja syarat-syarat negara merdeka? Ada 4 syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi negara merdeka, yaitu:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: