Rangkaian HKN Tahun 2023, Puskesmas Tanjung Batu Adakan Sunatan Massal untuk Anak Tidak Mampu

Rangkaian HKN Tahun 2023, Puskesmas Tanjung Batu Adakan Sunatan Massal untuk Anak Tidak Mampu

Wabup Ogan Ilir, Ardani, saat meninjau pelaksanaan sunatan massal di Puskesmas Tanjung Batu, Kamis, 12 Oktober 2023.-Hetty/Sumeks.co-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2023, Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Ilir menggelar pelayanan kesehatan massal dan pemeriksaan kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Ogan Ilir, Kamis 12 Oktober 2023.

Salah satu pelayanan kesehatan massal yang diberikan oleh Dinkes Kabupaten Ogan Ilir dalam rangka HKN tahun 2023 ini, adalah sunatan massal yang dipusatkan di 25 puskesmas dalam wilayah Kabupaten Ogan Ilir. 

Sunatan massal dipusatkan di Kecamatan Tanjung Batu. Khusus di Puskesmas Tanjung Batu, diikuti oleh sedikitnya 52 anak dan lebih kurang 50 anak di Puskesmas Seritanjung. 

Wakil Bupati Ogan Ilir, Ardani, yang berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan sunatan massal di Puskesmas Tanjung Batu mengungkapkan, sunatan massal ini ditujukan untuk anak-anak tidak mampu. 

BACA JUGA:WADUH! Pelamar PPPK Formasi Dokter Spesialis di Kabupaten OKI Sepi Peminat

"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Pemkab Ogan Ilir kepada masyarakat Ogan Ilir, khususnya yang tidak mampu," ujarnya. 

Menurut Ardani, dengan adanya sunatan massal ini diharapkan akan meringankan beban orang tua di Kabupaten Ogan Ilir yang memiliki perekonomian serba kekurangan. 

"Kegiatan ini juga diharapkan akan terus bergulir setiap harinya," katanya lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Ardani juga berpesan, kepada para orang tua supaya menjaga anak-anak mereka yang sudah mengikuti sunatan massal. Karena, pasca sunatan massal anak-anak butuh pemulihan. 

BACA JUGA:Cara dan Syarat Mendaftarkan Bayi dalam Kandungan Menjadi Peserta BPJS Kesehatan

"Biasanya pemulihan ini membutuhkan waktu lebih kurang satu minggu, jadi anak-anak ini harus diawasi betul," imbaunya. 

Sebelumnya, pelaksanaan khitanan massal di Puskesmas Tanjung Batu ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Ilir, Muhsin Abdullah. 

Menurut Muhsin, usia anak-anak ini sudah sangat layak untuk dilakukan khitan. Dan adanya program khitanan massal yang diprakarsai oleh Dinkes Kabupaten Ogan Ilir, hendaknya bisa membantu keluarga tidak mampu. 

"Dan saya lihat tadi, tampaknya teknologi yang digunakan untuk khitanan menggunakan peralatan canggih," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: