Wajar Jadi Rebutan Inggris dan Belanda, Kandungan Emas di Provinsi Pemekaran Sumsel Ini Mengalahkan Freeport

Wajar Jadi Rebutan Inggris dan Belanda, Kandungan Emas di Provinsi Pemekaran Sumsel Ini Mengalahkan Freeport

Ilustrasi tambang emas.--

SUMEKS.CO - Bengkulu, sudah dikenal lama dengan emasnya. Bahkan, Bengkulu menjadi wilayah rebutan Inggris dan Belanda. Kandungan emas daerah di pesisir barat Sumatera ini, begitu besar. 

Sampai saat ini kandungan emas yang tersimpan di Bengkulu masih begitu besar.  Baru-baru ini, hasil penelitian menunjukkan kandungan emas yang tersimpan, sangat melimpah. 

Namun, kabar terbaru ditemukan kandungan emas yang diperkirakan mengalahkan kandungan emas PT Freeport, tersimpan di wilayah Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. 

Bila informasi itu benar adanya, Bengkulu sebagai pemilik bunga terbesar di dunia, yaitu Bunga Raflesia, akan memiliki kekayaan yang tak terhitung. 

BACA JUGA:Bikin Merinding! Alasan Pencari Burung Tak Mau Lihat Isi Pesawat Angkut 1 Ton Emas Aceh Terkubur dalam Hutan

Luas wilayah yang diperkirakan memiliki kandungan emas adalah seluas 90 ribu hektar. Kandungan emas di wilayah itu akan cukup untuk 100 tahun lagi.

Wilayah yang berpotensi menjadi tambang emas di Bengkulu itu berada kawasan hutan lindung Bukit Sanggul Unit IV, Kabupaten Seluma.

PT Energi Swa Dinamika Muda (ESDM) menjadi perusahaan yang akan melakukan ekplorasi dan eksploitasi. Tapi masih tahap proses pengajuan izin Amdal.

Jika sebelumnya PT ESDM telah mengantongi izin eksplorasi untuk 30 hektar lahan sejak tahun 2010.

BACA JUGA:WAW! Cadangan Emas di Provinsi Bengkulu Jamin Kehidupan Warganya Lebih dari 7 Turunan

Namun perkembangan terbaru ada dugaan bahwa terdapat cadangan emas yang sangat besar di wilayah itu. Pada tahun 2016 lalu diidentifikasi cadangan emas sebanyak 1 juta ons.

Akan tetapi berdasarkan penelitian, diperkirakan potensi emas di daerah ini untuk menghasilkan emas hingga 10 hingga 20 kali lipat dari perkiraan awalnya.

Terdapat 3 kecamatan di Kabupaten Seluma itu yang memiliki kandungan emas paling tinggi, yakni Kecamatan Ulu Alas, Ulu Talo dan Lubuk Resam. 

Sehingga tidak heran jika tambang emas di Bengkulu itu akan dianggap menjadi pesaing PT Freeport di Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: