WAW! Cadangan Emas di Provinsi Bengkulu Jamin Kehidupan Warganya Lebih dari 7 Turunan

WAW! Cadangan Emas di Provinsi Bengkulu Jamin Kehidupan Warganya Lebih dari 7 Turunan

Kadar emas Provinsi Bengkulu lebih murni--

SUMEKS.CO - Kandungan emas di Provinsi Bengkulu luar biasa. Saking banyaknya bisa menjamin kehidupan warganya lebih dari sepuluh turunan.  

Sejak zaman kolonial, provinsi yang mekar dari wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) sejak tahun 1967 ini dikenal sebagai daerah penghasil emas. Kadar emas asal Bengkulu disebut-sebut sebagai emas terbaik dengan kwalitas kemurnian yang tinggi.

Dipasaran harga emas Bengkulu lebih tinggi dibandingkan emas daerah lain. "Emas dari Bengkulu harganya lebih tinggi dibanding emas dari daerah lain. Kadar murninya lebih tinggi," ujar Zuldi, pengusaha emas kota Palembang  

Untuk diketahui, kabar terbaru ditemukan kandungan emas yang diperkirakan mengalahkan kandungan emas PT Freeport, tersimpan di wilayah Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. 

Luas wilayah yang daiperkirakan memiliki kandungan emas adalah seluas 90 ribu hektar. Kandungan emas di wilayah itu akan cukup lama.

BACA JUGA:WOW! Palembang Bengkulu Hanya 4 Jam, Tol Sumsel-Bengkulu Sajikan Konsep Nuansa Pegunungan Alpen

Wilayah yang berpotensi menjadi tambang emas di Bengkulu itu berada kawasan hutan lindung Bukit Sanggul Unit IV, Kabupaten Seluma.

PT Energi Swa Dinamika Muda (ESDM) menjadi perusahaan yang akan melakukan ekplorasi dan eksploitasi. Tapi masih tahap proses pengajuan izin Amdal.

Jika sebelumnya PT ESDM telah mengantongi izin eksplorasi untuk 30 hektar lahan sejak tahun 2010.

Namun perkembangan terbaru ada dugaan bahwa terdapat cadangan emas yang sangat besar di wilayah itu. Pada tahun 2016 lalu diidentifikasi cadangan emas sebanyak 1 juta ons.

BACA JUGA:Masjid Raudhatus Sa’Adah Musi Rawas Ternyata Dirancang Presiden Soekarno, Mirip Masjid Jamik Bengkulu

Akan tetapi berdasarkan penelitian, diperkirakan potensi emas di daerah ini untuk menghasilkan emas hingga 10 hingga 20 kali lipat dari perkiraan awalnya.

Terdapat 3 kecamatan di Kabupaten Seluma itu yang memiliki kandungan emas paling tinggi, yakni Kecamatan Ulu Alas, Ulu Talo dan Lubuk Resam. 

Sehingga tidak heran jika tambang emas di Bengkulu itu akan dianggap menjadi pesaing PT Freeport di Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: