Panitia Porprov Lahat Mengaku Tak Dikasih Makan, Honor Disunat, Ketua KONI Lahat Bilang Begini

Panitia Porprov Lahat Mengaku Tak Dikasih Makan, Honor Disunat, Ketua KONI Lahat Bilang Begini

Pengalungan mendali kepada pemenang pada pelaksanaan Porprov Sumsel 2023 di Kabupaten Lahat--

SUMEKS.CO – Beberapa panitia lokal mengaku tidak dikasih makan selama pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel ke XIV, di Kabupaten Lahat. Mereka juga menyebut honornya  diduga disunat KONI Kabupaten Lahat.

Utuk diketahui, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel ke XIV usai digelar 17 hingga 24 September 2023. Kontingen Kabupaten Lahat sebagai tuan rumah, menjadi juara umum.

Nah, dibalik kesuksesan pelaksanaan pekan olahraga paling bergengsi di Sumatera Selatan ini, diduga menyimpan masalah bagi panitia lokal.

Beredar informasi, bila honor panitia lokal sebesar Rp 150 ribu per hari. Namun, yang diterima panitia lokal bervariasi. Ada yang menerima hanya Rp 100 ribu per hari.


Pembukaan Porprov Sumsel 2023--

"Saya dapat informasi dari IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Sumsel, harusnya Rp 150 ribu," kata salah seorang panitia lokal dari cabang olahraga Pencak Silat.

BACA JUGA:LUAR BIASA! Muara Enim Juara Umum Cabor Drum Band Porprov 2023

Honor panitia lokal masing-masing cabang olahraga juga berbeda. Ada yang menerima Rp 100 ribu per hari, ada juga yang lebih.

"Kami juga tanya sesama panitia lokal beda cabor, mereka terima lebih dari itu," akunya.

Selama menjadi panitia cabang olahraga Pencak Silat, para panitia lokal tidak menerima jatah makan dari KONI Lahat. Yang menyediakan makan untuk panitia lokal cabang olahraga Pencak Silat dari IPSI Lahat. Sedangkan KONI Lahat hanya memberikan jatah makan ke para panitia dari provinsi.

Panitia lokal cabang olahraga Arung Jeram menerima honor Rp 1 juta selama 7 hari. Artinya, terjadi perbedaan honor panitia antara cabang olahraga Pencak Silat dengan Arung Jeram.

Ketua Koni Lahat, Kalsum Barefi langsung menepis dugaan pemotong honor panitia lokal Porprov Sumsel itu.  "Ya ada pemberitaan disalah satu media online yang memberikan bahwa saya sudah memotong dana untuk panitia, ” Sampai, Barefi, kepada awak media.

BACA JUGA:Mantaf! Lima Personel Polda Sumsel Sabet Medali Emas-Perunggu di Cabor Judo Porprov XIV Lahat

Namun, saat ditelusuri narasumber yang ada dalam berita tersebut ternyata tidak ada. Dalam pemberitaan narsum tersebut merupakan panitia pencak silat.

Namun, saat dikroscek ternyata tidak tercantum. Pihaknya juga saat ini sedang menelusuri penulis dan media yang memberitakan tersebut.

“Saat berita menyebar penulis dan narasumbernya langsung kita telusuri. Namun hingga saat ini belum bertemu, ” ujarnya, didampingi Wakil Ketua Koni, Feriyansyah Eka Putra, dan Sekretaris Koni Lahat, Heri Widodo.

Disampaikan Barefi, berita yang tidak benar tersebut saat ini beredar. Ia sangat menyayangkan berita hoax tersebut terlebih sudah membuat gaduh dan merusak citra Ketua dan KONI Lahat.

Selain akan menyelesaikan persoalan tersebut dengan menjunjung tinggi UU Pers, pihaknya juga akan menempuh langkah hukum.

BACA JUGA:KONI OKU Timur Berharap Bonus Atlet Porprov Dinaikan

“Untuk awal ini kita ingin mengklarifikasi dengan narasumber dan penulis. Jika meeka mengakui berita tersebut tidak benar tolong disampaikan. sebaliknya jika informasi itu benar agar dibuktikan, ” terangnya.

Ditambahkan Feriyansyah, jika dalam pelaksanaan Porprov ada dua kepanitian yakni panitia besar dari Sumsel dan panitia lokal dari KONI.

Untuk panitia lokal, jelasnya uang honor bagi panitia itu Rp 100 ribu per hari dan selama lima hari. Besaran tersebut disesuaikan dengan SIPD Pemkab Lahat.

“Untuk anggaran panitia lokal semua sudah kita salurkan dan tidak ada potongan satu rupiah pun, ” Katanya.

Kembali ditambahkan Barefi, pihaknya juga siap untuk mempublis berapa dana yang dikucurkan ke KONI Lahat untuk penyelenggaraan Porprov di Lahat.

BACA JUGA:Muba Raih Juara II Porprov Sumsel XIV di Kabupaten Lahat, Apriyadi: Saya Bangga kepada Kontingen Muba

Sekedar informasi, Kabupaten Lahat juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel ke XIV 2023. Kabupaten Lahat merupakan juara baru dalam perhelatan pekan olahraga paling bergengsi di Sumsel itu.

Sejak dimulai Porprov 17 September hingga berakhir 24 September 2023, Kabupaten Lahat berhasil mengumpulkan 475 mendali, dengan rincian 205 emas, 130 perak dan 140 perunggu.

Keberhasilan Kabupaten Lahat sebagai juara umum Porprov Sumsel ini sangat luar biasa. Sebagai tuan rumah, Kabupaten Lahat berhasil menyingkirkan juara bertahan Kabupaten Musi Banyuasin dan Kota Palembang.

Musi Banyuasin hanya mampu bercokol diposisi kedua, dengan perolehan 382 mendali, masing-masing 126 emas, 113 perak dan 143 perunggu. Sedangkan posisi ketiga, Kota Palembang yang mengumpulkan 453 mendali, 123 emas, 127 perak dan 203 perunggu.

BACA JUGA:Bikin Bangga! Mahasiswa UBD Palembang Borong 3 Medali Emas Cabor Renang Putra Pada Porprov Sumsel 2023

Dari 17 kabupaten/kota atau kontingen peserta Porprov Sumsel ke XIV, berada di posisi juru kunci Kabupaten Empat Lawang, yang hanya berhasil mengumpulkan 30 mendali, 3 emas, 4 perak dan 23 prunggu.

Sedangkan posisi pengawal Empat Lawang atau berada di posisi 16, Kota Pagaralam yang hanya mampu mengumpulkan 50 mendali, masing-masing 6 emas, 15 perak dan 29 perunggu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: