Bersaing dengan Honda BeAt Street, Yamaha Hadirkan Skutik Adventure Siap Menerjang Segala Medan Jalanan

Bersaing dengan Honda BeAt Street, Yamaha Hadirkan Skutik Adventure Siap Menerjang Segala Medan Jalanan

Yamaha X-Ride terbaru yang tampil makin garang siap menerjang semua medan jalanan.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Pabrikan otomotif Yamaha hadirkan X-Ride skutik terbaru bergaya adventure yang bersaing dengan Honda BeAt Street.

Sepeda motor bergaya adventure ini memang tidak begitu banyak kehadiran di pasaran, berbeda dengan skutik sporty, retro, ataupun maxi. 

Namun, hal terbaru tidak menghentikan Yamaha untuk tetap menghadirkan skutik adventure Yamaha X-Ride di jajaran sepeda motor mereka.

Jika dilihat secara tampilan dari Yamaha X-Ride tampil dalam gaya skutik adventure dengan ciri khas lampu depan ganda bulat dan panel instrumen yang telah beralih ke tampilan full digital yang sporty.

BACA JUGA:Yuks! Cek Spesifikasi Yamaha Grand Filano Hybrid, Skutik yang Lagi Naik Daun

Meskipun berada dalam segmen Adventure, desain keseluruhan skutik ini tetap melibatkan desain dinamis dengan bodi ramping mengusung bentuk yang lebih gagah.

Selain itu, desain jok skutik ini telah ditingkatkan untuk memberikan kenyamanan ekstra saat berkendara dimedan jalanan yang tidak rata.

Demi memberikan kenyaman menjelajah Yamaha X-Ride memberikan  berbagai fitur canggih seperti speedometer digital, takometer, penerangan full LED dan layar analog untuk tampilan informasi.

Tidak hanya itu, Yamaha X-Ride juga menghadirkan fitur canggih lainnya seperti smart key, pengendalian cruise, heater grip and seat, dan windshield listrik.

BACA JUGA:Kupas Tuntas Motor Skutik Yamaha Hybrid Grand Filano, Apa Ya yang Bikin Istimewa?

Dari segi suspensi dan kaki-kaki, Yamaha X-Ride telah dilengkapi dengan suspensi teleskopik di bagian depan dan velg 12 inci dengan ban tubeless ukuran 80/80-14M/C 43P, serta sistem pengereman disc brake di roda depan.

Sementara pada bagian belakang juga menggunakan suspensi Unit Swing dan velg 13 inci dengan ban tubeless 100/70-14M/C 51P dan pengereman Drum Brake.

Beralih ke segi mesin, Yamaha X-Ride ditenagai oleh mesin 125 cc silinder tunggal, 4 katup, 2 Valve SOHC, berpendingin angin, bluecore pada dimensi mesin 52,4 x 57,9 mm.

Mesin berkapasitas 125 cc ini memberikan tenaga sebesar 7,0 Kw pada 8000 rpm dan torsi maksimum 9,6 Nm pada 5.500 rpm. Kapasitas tangki bahan bakar mencapai 4,2 liter.

BACA JUGA: Yamaha Aerox 155 Skutik Incaran Kawula Muda, Tawarkan Performa Unggul dan Teknologi Canggih

Sedangkan sistem starter telah menggunakan electric starter dan kick ttarter dengan sistem pelumasan wet sump, pada sistem bahan bakar sudah fuel injection. Tenaga kopling menggunakan dry centrifugal clucth dengan transisi penggerak  otomatis (CVT).

Mesin yang dihadirkan dari Yamaha X-Ride ini memiliki kesamaan yang hampir identik dengan mesin 125 cc yang digunakan oleh saudaranya  Yamaha Lexi.

Sebagai informasi tambahan, mesin Yamaha Lexi sendiri adalah turunan dari mesin Yamaha NMAX yang telah melalui beberapa peningkatan.  Oleh karena itu, tidak mengherankan jika mesin Yamaha X-Ride juga dianggap mirip hal mesin.

Beralih ke dimensi, Yamaha X-Ride ini menawarkan ukuran yang kompak, dengan panjang 1860 mm, lebar 740 mm tinggi 1070 mm dengan jarak sumbu roda 1260 mm dan ground clearance 135 mm.

BACA JUGA:Suzuki Rilis Sui 125, Skutik Bergaya Retro Konsep Klasik, Bakal Saingan Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy

Dengan ukuran besar dan dimensi yang dihadirkan sangat wajar jika Yamaha X-Ride dapat menjadi teman adventure yang handal.

Harga resmi untuk Yamaha X-Ride ini berkisar mulai dari Rp 18,69 juta hingga Rp 20,1 jutaan. Skutik ini sangat layak untuk dimiliki dengan gaya gagah, mesin handal, dan harga yang murah.

Dengan spesifikasi yang mengesankan ini, Yamaha X-Ride tampaknya menjadi pesaing serius bagi Honda BeAt Street  dalam segmen skutik adventure, yang akan memanasakan persaingan keduanya.

BACA JUGA: Suzuki Burgman 125 Bakal Jadi Saingan Berat Yamaha Lexi? Ini Penampakannya

Itulah, review singkat dari Yamaha X-Ride skutik bergaya adventure siap menemani perjalan kalian melintas medan terjal. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: