Turunkan Stunting, Pemkab PALI Gandeng Fakultas Kedokteran Unpad Bandung

Turunkan Stunting, Pemkab PALI Gandeng Fakultas Kedokteran Unpad Bandung

Pemkab PALI, Heri Amalindo menggaet Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Foto: Heru/sumeks.co --

BACA JUGA:Hadiri Haul ke-23 KH Ahmad Malik Tadjuddin, Bacagub Heri Amalindo Ajak Teladani Semangat Para Ulama

"Kemarin kita lakukan kerjasama dengan Pemkab Sumedang terkait penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta pengembangan potensi daerah. Salah satu didalamnya tentang penanganan Stunting dengan digitalisasi terintegrasi," jelasnya.

Upaya-upaya yang telah dilakukan Pemkab PALI dalam menekan angka stunting, Kartika menuturkan, merupakan komitmen Bupati PALI, Heri Amalindo untuk mencetak generasi sehat dan cerdas. 

"Bagaimana bisa sehat dan cerdas kalau calon generasinya terhambat pertumbuhannya akibat stunting. Untuk itu, Bupati melakukan berbagai strategi penanganan kasus tersebut, salah satunya dengan menggandeng Fakultas Kedokteran Unpad Bandung," terangnya.

Pada kegiatan tersebut, paparan hasil akhir kajian strategi penanganan stunting di Kabupaten PALI disampaikan Prof DR Dewi Maharani Diah Herawati drg MSi. Dalam paparan tersebut, diketahui bahwa angka stunting di Kabupaten PALI telah berhasil turun.

BACA JUGA:Heri Amalindo Buktikan Mahasiswa PALI Kuliah Gratis di IPB University

Namun ada beberapa saran yang disampaikan Prof DR Dewi Maharani, diantaranya meningkatkan kualitas SDM terutama kader dalam pendataan di lapangan. 

"Pada umumnya strategi penurunan stunting di PALI telah berhasil," kata Prof Dr Dewi Maharani.

Ditempat sama, Kepala Balitbangda Kabupaten PALI, Khairiman akan membedah kembali hasil kajian dan akan disesuaikan dengan rencana aksi.

"Setelah mengetahui hasil kajian yang dilakukan Fakultas Kedokteran Unpad Bandung, kita akan menentukan langkah bersama yang akan dikoordinasikan dengan seluruh OPD terkait. Bagaimana arah kebijakannya akan dibedah sehingga saat pelaksanaan penanganan stunting bisa efektif," tutupnya.(ebi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: