Turunkan Stunting, Pemkab PALI Gandeng Fakultas Kedokteran Unpad Bandung

Turunkan Stunting, Pemkab PALI Gandeng Fakultas Kedokteran Unpad Bandung

Pemkab PALI, Heri Amalindo menggaet Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Foto: Heru/sumeks.co --

PALI, SUMEKS.CO - Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) di bawah kepemimpinan DR Ir H Heri Amalindo MM dalam menurunkan angka stunting terus dilakukan dengan berbagai upaya.

Salah satu upaya dalam menurunkan angka stunting, Bupati PALI, Heri Amalindo menggaet Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Provinsi Jawa Barat. 

Tujuan kerjasama antara Pemkab PALI dengan Fakultas Kedokteran Unpad Bandung, untuk melakukan kajian strategi penanganan stunting di Kabupaten PALI di lima Lokasi Khusus (Lokus).

Langkah itu dibuktikan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) yang mengunjungi Fakultas Kedokteran Unpad Bandung dalam rangka laporan akhir kajian strategi penanganan Stunting di Kabupaten PALI, pada Rabu (13/9).

BACA JUGA:FKPPI Palembang Resmi Dilantik, Heri Amalindo Minta Jaga Persatuan

Hadir dalam kegiatan itu, Sekda PALI, Kartika Yanti SH MH, Kepala Balitbangda PALI, Khairiman, perwakilan DPMD, Dinas Perikanan, Bappeda, DPPKBPPPA Kabupaten PALI.

Kegiatan tersebut dibuka DR Irvan Afriandi dr MPH PH wakil Dekan Bidang Sumber daya dan Organisasi Fakultas Kedokteran Unpad.

"Kami sangat mengapresiasi kerjasama ini yang merupakan bukti konsen dari kepala daerah Kabupaten PALI dalam menekan angka stunting," katanya.

Irvan menerangkan, bahwa stunting merupakan prioritas pemerintah pusat yang harus diatasi oleh semua elemen bangsa. Melalui kajian penurunan stunting kami mendapat informasi bahwa tim telah berhasil menurunkan angka stunting.

BACA JUGA:Heri Amalindo Hadiri Reuni Akbar SMEA Muara Enim Lintas Angkatan, Mohon Doa Alumni untuk Maju Sebagai Gubernur

"Kita bersama-sama terus bekerja melakukan suatu penanganan yang berbasis ilmiah. Pesan saya, mari manfaatkan ilmu dan pengetahuan untuk mengatasi masalah ini," terangnya.

Sementara, Sekda PALI, Kartika Yanti SH MH mengatakan, bahwa Bupati PALI sangat ingin kabupaten yang dipimpinnya terbebas dari kasus stunting.

"Hampir setiap rapat dengan jajaran, pak Bupati selalu menyinggung masalah stunting. Karena indikator keberhasilan pimpinan daerah adalah berhasil menekan angka stunting. Dan berkat kebijakan serta konsen pak Bupati, saat ini angka stunting di Kabupaten PALI sudah menurun secara signifikan," ujarnya.

Bahkan, dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten PALI, Kartika menjelaskan, bukan hanya melakukan kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Unpad Bandung saja. Melainkan juga dengan Pemkab Sumedang yang melakukan kerjasama penanganan Stunting berbasis pemanfaatan digitalisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: