Herwyn Meminta Anggota Bawaslu yang Baru Dilantik Jaga Marwah Pengawas Pemilu

Herwyn Meminta Anggota Bawaslu yang Baru Dilantik Jaga Marwah Pengawas Pemilu

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda saat memberikan arahan pada Pelatihan Penguatan Kompetensi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Periode 2023-2028 di Bogor, Rabu 23 Agustus 2023.--

BOGOR, SUMEKS.CO - Bawaslu menggelar Pelatihan Penguatan Kompetensi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Periode 2023-2028.

Dalam kesempatan ini, Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda meminta agar seluruh jajaran yang baru terlantik dapat menjaga integritas lembaga.

Sebab, Herwyn mengatakan pelatihan ini dimaksudkan untuk memperkuat pengawasan pemilu menuju pengawasan tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

“Anggota Bawaslu daerah yang terpilih baik itu petahana ataupun yang baru harus jaga marwah pengawas pemilu,” tutur Herwyn di Bogor, Rabu 23 Agustus 2023.

BACA JUGA:Bawaslu Daerah Terpilih, Diminta Tegakkan Kepastian Hukum dalam Sengketa Proses Pemilu

Menurutnya, sebagai pemimpin di Bawaslu Kabupaten/Kota perlu menjaga marwah salah satunya dengan memperbanyak pengetahuan tentang pemilu. 

Bahkan, lanjutnya, regulasi yang telah ada untuk melakukan tugas dan fungsi pengawasan.

“Orang yang mengawasi harus lebih pintar dari orang yang diawasi, perbanyak ilmu pengetahuan kepemiluan salah satu caranya,” ungkap pria asal Sulawesi Utara itu.

Herwyn juga berharap Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota periode 2023-2028 bisa memiliki kompetensi-kompetensi dasar pengawas pemilu, guna menunjang kerja-kerja pengawasan di daerah masing-masing.

BACA JUGA:Lantik 1.912 Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota 2023-2028, Bagja Minta Jaga Kualitas Demokrasi

“Lima kompetensi dasar yang harus dimiliki pengawas pemilu yaitu pengetahuan, kompetensi teknis, kompetensi khusus, advokasi dan kompetensi individual,” ungkap Herwyn.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: