Rumah Sakit Siloam Sriwijaya Resmikan Palembang Integrated Child Center, Layanan Khusus Anak

Rumah Sakit Siloam Sriwijaya Resmikan Palembang Integrated Child Center, Layanan Khusus Anak

RS Siloam Sriwijaya Palembang meresmikan PICC, klinik kesehatan khusus anak.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Turut berkontribusi dalam penanganan stunting, Group Rumah Sakit Siloam meresmikan Palembang Integrated Child Center (PICC) RS Siloam Sriwijaya, pada Jumat, 4 Agustus 2023.

Klinik ini menyediakan layanan kesehatan khusus untuk anak yang terintegrasi dalam satu area dan didukung dokter spesialis anak, termasuk spesialis kedokteran gigi, fisioterapi, laboratorium, dan farmasi untuk anak.

Direktur RS Siloam Sriwijaya Palembang, dr. Bona Fernando, mengungkapkan sekitar 2,22 juta jiwa atau 26 persen penduduk Sumsel merupakan anak-anak usia 0-14 tahun. 

"Karena jumlahnya begitu besar, RS Siloam mencoba mendukung program pemerintah dalam meningkatkan SDM di masa depan serta menangani stunting melalui pusat layanan kesehatan anak terintegrasi PICC," ungkapnya dikutip dari sumateraekspres.id, Sabtu, 5 Agustus 2023.

BACA JUGA:RS Siloam Sriwijaya Hadirkan Layanan Tumbuh Kembang Anak

Bona Fernando menjelaskan, meskipun Sumsel termasuk dalam tiga provinsi terbaik yang berhasil menurunkan angka stunting pada 2022, yaitu menjadi 18,6 persen dari 24,8 persen pada 2021. 

Penurunan angka stunting pada tahun 2023 dan 2024 tetap menjadi fokus Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel untuk mendukung penurunan angka stunting nasional menjadi 14 persen di tahun 2024.

PICC menyediakan layanan medis yang dibutuhkan anak, seperti klinik tumbuh kembang, rehabilitasi medis, terapi wicara dan okupasi, serta klinik psikologi dan akupunktur. 

"Seluruh layanan ini didukung oleh 17 dokter spesialis anak dan sub-spesialis, termasuk spesialis urologi dan andrologi, yang berkolaborasi untuk penanganan sakit pada anak," jelasnya. 

BACA JUGA:FKM Unsri Gelar Penyuluhan Keliling Kampung Bebas Budak Stunting dan Wasting di Bantaran Sungai Musi

Sementara Caroline Riady, Managing Director Group RS Siloam, menyatakan bahwa PICC merupakan wujud komitmen Group RS Siloam untuk menyediakan layanan kesehatan terpadu untuk seluruh individu, termasuk anak. 

Anak memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan serta kebutuhan yang berbeda dengan orang dewasa, oleh karena itu PICC hadir untuk memberikan pelayanan medis berkelanjutan bagi anak demi meningkatkan kesehatan mereka sebagai generasi penerus bangsa.

RS Siloam memiliki empat rumah sakit di pulau Sumatera, termasuk RS Siloam Sriwijaya di Palembang. 

Salah satu layanan unggulan RS Siloam Sriwijaya adalah layanan ibu dan anak, dengan fasilitas yang terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan pasien ibu dan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: