Tingkatkan Kapabilitas Penegakan Hukum, Polda Sumsel Latih Personel dengan Sistem SOT, DORS dan EWS

Tingkatkan Kapabilitas Penegakan Hukum, Polda Sumsel Latih Personel dengan Sistem SOT, DORS dan EWS

Personel Polda Sumsel mengikuti program supervisi dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Staf Kapolri Bidang Operasi Polri terkait Sistem SOT, DORS dan EWS. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Personel Polda Sumsel mengikuti program supervisi dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Staf Kapolri Bidang Operasi Polri terkait Sistem SOT, DORS dan EWS.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Karo Ops Polda Sumsel Kombes Pol Reeza Herasbudi SIK MM di ruang auditorium lantai VII gedung utama Presisi Mapolda Sumsel Rabu 2 Agustus 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas dan kemampuan penegakan hukum di wilayah Polda Sumsel.

“Supervisi dan pelatihan ini menjadi kesempatan berharga bagi personel Polda Sumsel untuk mengadopsi dan mengoptimalkan penerapan teknologi modern dalam tugas-tugas operasional mereka,” ujar Kombes Pol Reeza.

BACA JUGA:Polda Sumsel Tangkap Kurir Saat Antar 3 Kilogram Sabu Pakai Motor N-Max

SOT, salah satu sistem yang dipelajari dalam pelatihan ini, memberikan kemampuan pengintegrasian berbagai aspek (output-nya mendatakan) operasional kepolisian, termasuk patroli, penanganan kejadian, dan pengelolaan sumber daya. 

Dengan SOT, aparat penegak hukum di Polda Sumsel dan jajaran  diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas tugas mereka serta memberikan respon yang cepat terhadap situasi yang memerlukan penanganan khusus.

Selain itu, pelatihan juga mencakup pemahaman dan penggunaan DORS, sistem digital yang memudahkan pencatatan, analisis, dan manajemen data operasional kepolisian secara elektronik. 

Dengan adanya DORS, Polda Sumsel dan jajaran dapat lebih efisien dalam mengelola informasi yang akurat dan mempercepat proses analisis data untuk mendukung pengambilan keputusan yang tepat.

BACA JUGA:Polda Sumsel Amankan 3 Kilogram Sabu, Dibawa Speedboat Tujuan Bangka Belitung

EWS juga menjadi fokus pelatihan yang diikuti oleh Polda Sumsel dan jajaran sistem peringatan dini ini memberikan kemampuan untuk mendeteksi dan memberikan informasi awal terkait potensi gangguan keamanan, seperti ancaman terorisme, kerusuhan massa, atau kejadian kriminal lainnya. 

Dengan memanfaatkan EWS, Polda Sumsel dan jajaran diharapkan dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang lebih efektif dan proaktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

“Partisipasi Polda Sumsel dan Polres/Tabes Jajaran  dalam program supervisi dan pelatihan SOT, DORS, dan EWS ini merupakan langkah penting dalam peningkatan kapabilitas penegakan hukum di wilayah kami. Kami berkomitmen untuk menerapkan teknologi modern guna memberikan pelayanan yang lebih baik dan menjaga keamanan masyarakat,” beber Reeza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: