Ketua TP PKK Muara Enim Ajak Masyarakat Lestarikan Songket Mak Raje

Ketua TP PKK Muara Enim Ajak Masyarakat Lestarikan Songket Mak Raje

Plt Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Utami Kaffah didampingi Plt Bupati mencoba menenun membuat songket.--

Ketua TP PKK Muara Enim Ajak Masyarakat Lestarikan Songket Mak Raje

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Utami Kaffah mengajak masyarakat Kecamatan Muara Belida dan seluruh masyarakat di Kabupaten Muara Enim, untuk melestarikan wastra dan kriya.

Yakni salah satunya yaitu kain songket mak raje yang berada di Desa Kayu Ara Batu, Kecamatan Muara Belida.

Ini ntuk melastarikan pengrajin wastra dan kriya di Bumi Serasan Sekundang. 

Ajakan tersebut disampaikannya dihadapan masyarakat usai dirinya mempraktekan langsung cara membuat kain songket mak raje dirumah produksi ibu sahnas Desa Kayu Ara Batu. 

BACA JUGA:Anggota Bawaslu Sumsel Muhammad Sarkani : Banyuasin Masuk Kategori Paling Rawan Terjadi Pelanggaran Pemilu

"Ternyata ini tidak mudah, wajar kalau harganya tinggi. Selain pengerjaannya yang membutuhkan waktu lama tentu ada seni dan pesan yang terus mengiringi warisan tak kebendaan ini," ujar Nurul Vita, dikutip enimekspres.bacakoran.co, Jumat 14 Juli 2023.

Jadi, kata di, mari sama-sama jaga dan terus lestarikan warisan leluhur ini. 

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmawi Kaffah yang hadir langsung menyaksikan proses pembuatan kain songket tersebut sangat respon dengan para pengrajin yang tanpa lelah terus menjaga dan melestarikan warisan budaya leluhur.

"Kain songket ini merupakan bagian dari UMKM yang mana UMKM adalah tulang punggung perekonomian bangsa. Saya ingin Pemkab Muara Enim dan juga stakeholder terkait terus membantu para pengrajin khususnya para UMKM karena saya sangat prioritas dengan ekonomi kerakyatan,” pinta Kaffah.

BACA JUGA:Dewa United Takluki Naga Api 2-1, Ribellion Zion Antar Alter Ego Menjadi Juru Kunci, Cek Hasil MPL ID S12

Diungkapkan, motif lokal songket mak raje sendiri ditemukan oleh  Edi Saidi bersama budayawan Palembang Mer Senin pada relief rumah panggung milik Pangeran dari Kesultanan Palembang yang terletak di Desa Pulau Panggung Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim. 

Penamaan songket mak raje sendiri berasal dari catatan sejarah pada zaman dahulu yang mana songket hanya boleh dikenakan oleh para istri dan kerabat kerajaan pada saat itu

Jadi untuk saat ini dia menambahkan, ada dua lokasi pengrajin songket mak raje di Kabupaten Muara Enim yaitu di Desa Tanjung Jati Kecamatan Muara Enim dan Desa Kayu Ara Batu Kecamatan Muara Belida. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: