3 Desa di Kabupaten Muara Enim Perioritas Penanganan Angka Stunting

3 Desa di Kabupaten Muara Enim Perioritas Penanganan Angka Stunting

RAPAT : Rembuk Stunting di Kabupaten Muara Enim 2023 diruang rapat Pangripta Bappeda, Selasa 11 Juli 2023.--

3 Desa di Kabupaten Muara Enim Perioritas Penanganan Angka Stunting

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Muara Enim mencatat ada tiga desa menjadi target perioritas penanganan angka stunting.

Pasalnya, Desa Sugih Waras, Kecamatan Rambang jumlah anak stunting mencapai 68 kasus.

Kemudian Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Agung menduduki angka 63 kasus dan disusul  Desa Desa Pagar Agung, Kecamatan Rambang dengan jumlah 58 kasus.

Angka stunting di tiga desa tersebut disampaikan dalam agenda kegiatan Rembuk Stunting di Kabupaten Muara Enim 2023 diruang rapat Pangripta Bappeda, Selasa 1 Juli 2023.

BACA JUGA:Sering Menginap, Pelatih Paskibra Cabuli Siswa Sendiri

Kegiatan itu, dibuka langsung oleh Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah melalui Vidcon. Kegiatan dihadiri  Sekda Muara Enim Ir Yulius MSi, Plt Asisten III H Rinaldo STTP MSi, Forkopimda, OPD terkait dan stake holder.

Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, menyampaikan untuk dipahami bersama bahwa pembangunan kesehatan pada hakikatnya merupakan upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa dengan tujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat sehingga mampu mewujudkan derajat kesehatan yang tinggi. 

"Namun upaya untuk mencetak generasi yang sehat dan berkualitas tersebut masih dibayangi oleh permasalahan stunting atau kondisi gagal pertumbuhan pada anak," katanya.

Dari hasil survei pemantauan status gizi di Kabupaten Muara Enim dalam kurun 3 tahun terakhir menunjukan bahwa Prevalensi Stunting tahun 2019 sebesar 6,23%, tahun 2020 sebesar 7,50% dan tahun 2020 sebesar 6,23% dan tahun 2021 sebesar 3,23%.

BACA JUGA:PS Palembang Kembali Juarai Piala Gubernur 2023, Presiden Klub Ratu Dewa Ucapkan Alhamdulillah dari Tanah Suci

Hal ini menunjukkan bahwa terjadi trend penurunan prevalensi stunting  tiga tahun terakhir. 

Kemudian berdasarkan hasil pemetaan, analisa data prevalensi stunting dan cakupan program kegiatan tahun 2021 pada OPD terkait stunting, menunjukan bahwa di Kabupaten Muara Enim terdapat 28  desa lokasi khusus stunting yang tersebar di 8  kecamatan.

Kecamatan yang termasuk Lokus stunting tersebut adalah Kecamatan Rambang, Sungai Rotan,  Gunung Megang, Tanjung Agung, Belida Darat, Semende Darat Tengah, Semende Darat Ulu dan Lubai Ulu.  Namun diketahui jumlah angka tertinggi stunting di wilayah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: