Diduga Tumpahan Minyak Mentah Cemari Sungai Kelekar Prabumulih, Air Menghitam, Timbulkan Bau Menyengat

Diduga Tumpahan Minyak Mentah Cemari Sungai Kelekar Prabumulih, Air Menghitam, Timbulkan Bau Menyengat

Diduga tumpahan minyak mentah berwarna hitam mengaliri sungai kelekar yang membelah sebagian kota Prabumulih dan ikut terbawa arus. Foto: Dian/sumeks.co--

Diduga Tumpahan Minyak Mentah Cemari Sungai Kelekar Prabumulih, Air Menghitam, Timbulkan Bau Menyengat 

PRABUMULIH, SUMEKS.CO - Warga Kota Prabumulih khususnya yang tinggal di pinggiran sungai Kelekar dihebohkan dengan pemandangan sungai kelekar yang tak biasa, berwarna hitam kecoklatan, Minggu 9 Juli 2023 pagi. 

Betapa tidak, diduga tumpahan minyak mentah berwarna hitam mengaliri sungai kelekar yang membelah sebagian kota Prabumulih dan ikut terbawa arus.

Dimulai dari Kelurahan Karang Raja, Kelurahan Majasari tumpahan minyak itu juga mengalir hingga ke Kelurahan Gunung Ibul, Prabumulih Timur, Kota Prabumulih. 

"Pagi-pagi terkejut liat sungai banyak minyak, warna hitam menggumpal. Ada di beberapa titik," ungkap warga sekitar.

BACA JUGA:Cegah Banjir dan Longsor, Pemkot Prabumulih Lakukan Normalisasi Sungai Kelekar hingga Pasang Talud

Tumpahan minyak tersebut, juga menimbulkan bau minyak yang sangat menyengat. "Baunyo nyengat nian, menusuk hidung," keluh Siti, warga Majasari.

"Siang ini tumpahan minyak lah ado di belakang perumahan kami," sambung Rahmat, warga Kelurahan Gunung Ibul.

Mengetahui hal itu, Lurah Karang Raja, Kecamatan Prabumulih Timur, Leliana Santika langsung meninjau lokasi yang dialiri tumpahan minyak tersebut. 

"Pagi tadi saya mendapatkan laporan dari warga yang melaporkan sungai sudah tercemar limbah minyak mentah. Sepertinya berasal dari kelurahan sebelah dan cukup menimbulkan bau menyengat dan ikan juga banyak yang mengambang," sebutnya.

BACA JUGA:Wak Nen Penyelam Tradisional Temukan Pekerja yang Hilang Tenggelam di Sungai Kelekar Ogan Ilir

Ditanya berasal dari mana minyak tersebut? Leliana mengaku, sepertinya limbah tersebut merupakan minyak mentah yang mengalami kebocoran namun pihaknya sendiri belum tahu berasal dari mana.

"Dari kelurahan kami segera melaporkan ke atasan kami untuk dilakukan investigasi lebih lanjut dan apabila ada kerugian akan didata," jelasnya.

Sementara itu, Camat Prabumulih Selatan, Sukarno SH menuturkan ada kebocoran pipa milik PT Pertamina di wilayah Kelurahan Majasari kecamatan Prabumulih Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: