Laksana Miniatur Indonesia, 2 Desa di Kabupaten OKI Menjadi Percontohan Kampung Moderasi Beragama

Laksana Miniatur Indonesia, 2 Desa di Kabupaten OKI Menjadi Percontohan Kampung Moderasi Beragama

Kegiatan sosialisasi Kampung Moderasi Beragama (KMB) binaaan penyuluh agama Islam Kemenag OKI. --

2 Desa di Kabupaten OKI Percontohan Kampung Moderasi Beragama

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Dua Desa di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dijadikan sebagai percontohan Kampung Moderasi Beragama (KMB). 

Hal ini dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten OKI, H Syarip  SAg MPdi, melalui Kasi Bimas Islam, H Ismid SAg, Jumat 7 Juli 2023.

Ismid menyampaikan, untuk kedua Desa dijadikan sebagai percontohan itu adalah Desa  Desa Tugu Jaya, Kecamatan Lempuing dan Desa Lubuk Seberuk, Kecamatan Lempuing Jaya.

"KMB di 2 Desa ini dipilih karena di dua Desa ini laksana miniatur Indonesia yang keberagamannya ada di dua desa ini," terang Ismid. 

BACA JUGA:7 Jenis Tanaman Hias Rambat Dinding yang Estetik, Memiliki Efek Relaksasi

Dia menjelaskan, dengan membumikan moderasi beragama dan dibentuknya KMB di 2 Desa maka diharapkan agar keharmonisan dan kedamaian dapat terwujud ditengah keberagaman agama di Indonesia khususnya di Kabupaten OKI. 

"Jadi dengan demikian, semboyan Bhineka Tunggal Ika benar-benar dapat terwujud bukan hanya semboyan semata," katanya.

Ismid menegaskan, dengan moderasi beragama yang dikemas dalam KMB, jiwa dan semangat sebagai masyarakat Indonesia mengakui realitas bangsa yang majemuk (suku, bahasa, agama, ras dan golongan). 

Namun tetap menjunjung tinggi persatuan. 

BACA JUGA:Mantan Kepala Sekretariat Bawaslu Prabumulih Jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah

Dikatakannya, untuk kegiatan ini telah dilaksanakan pagi tadi diikuti oleh berbagai perwakilan agama dan Ormas Islam Kabupaten OKI, yakni dari Agama Hindu, Budha, Katholik, Protestan dan Islam.

Termasuk juga diikuti ormas NU, ormas Muhammadiyah, LDII, Kepala KUA serta Penyuluh Agama Islam.

"Kegiatannya juga dihadiri Kabid penerangan Islam dan Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel, H Hulil Azmi SAg bersama Kakankemenag OKI," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: