K9 Team, Ajak Pemerintah, KPA, Mapala dan Akademisi Lestarikan Lingkungan

K9 Team, Ajak Pemerintah, KPA, Mapala dan Akademisi Lestarikan Lingkungan

Kelompok Pencinta Alam K9 Team Indonesia menggelar seminar lingkungan hidup.--

K9 Team, Ajak Pemerintah, KPA, Mapala dan Akademisi Lestarikan Lingkungan

PALEMBANG - Kelompok Pencinta Alam (KPA) Komunitas 9 Team (K9 Team) Indonesia menggelar seminar lingkungan hidup.

Ini dalam rangka Memperingati hari lingkungan hidup se-dunia tahun 2023, Acara digelar di Aula Universitas IBA Palembang, pada Selasa 27 Juni 2023.

Kegiatan tersebut mengusung tema, 'Art & Environment 2023', dan turut dihadiri Kepala Bidang Pencemaran, Pengelolaan Sampah B3 dan Limbah B3 DLHP Sumsel, Aries Syafrizal, Kasi Pengendalian Pencemaran DLHP Sumsel, Suhaery Ali Husin, Rektor Universitas IBA Palembang, Dr. Tarech Rasyid, dan Manager Kampanye WALHI Sumsel, Febrian Putra Sopa.

BACA JUGA:Usulkan Pengangkatan Seluruh Guru Honorer di Prabumulih dengan Masa Kerja 2022 ke Bawah

Kepala Dinas DLHP Sumsel, Edward Chandra melalui Kepala Bidang Pencemaran, Pengelolaan Sampah B3 dan Limbah B3, Aries Syafrizal mengatakan, bahwa rencana pembangunan berbasis lingkungan hidup merupakan upaya untuk menyelaraskan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi dengan kelestarian lingkungan.

Dikatakan Aries, dalam pengelolaan kualitas lingkungan hidup, Kementerian Lingkungan Hidup telah mengeluarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 27 Tahun 2021 tentang Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH), yang merupakan komposit nilai Indeks Kualitas Air, Indeks Kualitas Udara, Indeks Kualitas Lahan, dan Indeks Kualitas Air Laut.

"Melalui IKLH yang ditetapkan sebagai Indikator kinerja utama pemerintah, maka perlu dilakukan upaya meningkatkan kualitas lingkungan melalui aksi-aksi nyata seperti menjaga kualitas sungai dengan tidak mencemarinya, tidak membakar sampah ataupun lahan," ujar Aries 

Menurut Aries, target IKLH yang mencapai 71,55 pada tahun 2023 harus didukung oleh semua pihak melalui berbagai aksi, membatasi pembuangan air limbah ke sungai melalui perizinan, membangun instalasi pengolahan limbah cair domestik.

BACA JUGA:Penimbunan BBM Ilegal di Ogan Ilir Ternyata Masih Banyak, Salah Satu Modusnya Bengkel Bak Truk Jadi Gudang

"Semoga kegiatan seminar Lingkungan Hidup yang di gelar KPA K9 Team Indonesia ini, diharapkan kita semua menjadi agen penjaga lingkungan hidup, sehingga pengetahuan dari seminar ini menjadi stimulus bagi kita untuk segera mengambil bagian dalam pengelolaan lingkungan hidup. Selamat mengikuti seminar pada hari ini, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kehidupan kita semua," ungkapnya.

Ditempat yang sama, Rektor Universitas IBA Palembang, Dr Tarech Rasyid mengungkapkan pihaknya mengapresiasi kegiatan seminar yang di inisiasi oleh KPA K9 Team Indonesia.

"Ini merupakan bagian dari gerakan lingkungan hidup di Sumsel. Rata-rata teman-teman di K9 Team Indonesia ini merupakan anak muda. Artinya, ada harapan bahwa lingkungan hidup di Sumsel ini akan dijaga oleh anak-anak muda," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: