Tingkatkan Pelayanan Kesehatan WBP, Lapas Kayuagung Skrining HIV dan Sifilis

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan WBP, Lapas Kayuagung Skrining HIV dan Sifilis

Warga binaan Lapas Kayuagung mengisi formulir untuk dilakukan skrining HIV dan Sifilis oleh petugas medis, di lapas, Rabu 21 Juni 2023.--

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan WBP, Lapas Kayuagung Skrining HIV dan Sifilis

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Meningkatkan pelayanan kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lapas Kelas IIB Kayuagung lakukan skrining HIV dan Sifilis di dalam Lapas Kayuagung, Rabu 21 Juni 2023.

Pelaksanaan skrining HIV dan Sifilis, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kayuagung Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan menjalin kerja sama yang inovatif dengan Puskesmas Kutaraya Kayuagung. 

Skrining bertujuan untuk mengidentifikasi secara dini dan memberikan penanganan yang tepat kepada narapidana yang mungkin terinfeksi HIV. 

"Langkah awal untuk mendeteksi virus HIV seseorang khususnya warga binaan yang berada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kayuagung bekerjasama dengan puskesmas Kutaraya melakukan skrining HIV dan Sifilis," terang Kepala Lapas Kayuagung, Reza Meidiansyah. 

BACA JUGA:Tak Bisa Mengelak, Alumni Ponpes Al Zaytun Beberkan Keanehan dan Penyimpangan Sejak 2018-2019

Dikatakan Reza, apabila terdeteksi maka dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan, pengobatan, dan pendampingan yang diperlukan.

Tim kesehatan dan Tenaga Kesehatan (Nakes) lapas Kayuagung bersama tim medis dari Puskesmas Kutaraya mengambil 83 sampel darah warga binaan.

Dari 83 sampel darah yang diambil tim medis dari Puskesmas Kutaraya, didapati hasil semua negatif.

Sementara itu, Kasubsi Perawatan Ardiansyah Sulistiawan mengatakan, skrining HIV ini perlu dilakukan secara rutin, baik seseorang yang beresiko maupun tidak agar infeksi HIV dapat dideteksi dan ditangani sejak dini. 

"Kita menyambut baik kerja sama ini dan menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk memberikan akses pelayanan kesehatan yang baik bagi warga binaan," ungkap Kalapas. 

Dia menambahkan, bahwa skrining HIV dan Sifilis merupakan salah satu bentuk upaya preventif dalam mengendalikan penyebaran HIV dan Sifilis di dalam lingkungan Lapas. (*) 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: