Jaga Kamtibmas dan Selesaikan Permasalahan di Masyarakat, Polres OKI Bentuk 500 Polisi RW

Jaga Kamtibmas dan Selesaikan Permasalahan di Masyarakat, Polres OKI Bentuk 500 Polisi RW

Kapolres OKI AKBP Dili Yanto SH menyematkan pita kepada polisi RW, di halaman Mapolres OKI, Rabu 21 Juni 2023.--dok : sumeks.co

Jaga Kamtibmas dan Selesaikan Permasalahan di Masyarakat, Polres OKI Bentuk 500 Polisi RW

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Polres Ogan Komering Ilir (OKI) membentuk sebanyak 500 polisi Rukun Warga (RW). 

Polisi RW dibentuk dengan tujuan untuk menjaga Kamtibmas dan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat. 

"Tadi dilakukan apel ketua satuan keamanan lingkungan atau Kasat Kamling atau polisi RW. Mereka ini bertugas di 18 Kecamatan di OKI," ungkap Kapolres OKI AKBP Dili Yanto SH MH melalui Kasat Binmas Iptu Dedi Kurnia SH. 

Dia menjelaskan, kabupaten OKI sangat luas sehingga jumlah polisi RW pun banyak yakni 500 personil. Nantinya 1 polisi RW bisa meliputi 1-2 RW untuk wilayah kerjanya. 

BACA JUGA:MANTAP! Personil Polres OKI Ikuti Tes Psikologi Pinjam Pakai Senpi Dinas

Lanjut Dedi, dimana Kabupaten OKI ini memiliki  1.100 RW yang tersebar di 18 Kecamatan. Polisi RW ini selain bertugas menjaga Kamtibmas juga mendeteksi dini kejahatan di lingkungan masyarakat. 

"Polisi RW bertugas melayani aduan masyarakat di tingkat RW," ucapnya, kepada SUMEKS.CO, Rabu 21 Juni 2023.

Jadi sambung Kasat Binmas, jika masyarakat memiliki keluhan ataupun aduan terkait kejahatan dan tindak kriminalitas dapat langsung melapor kepada Polisi RW yang ada di lingkungannya.

"Polisi RW dalam upaya meningkatkan Kamtibmas di wilayahnya. Langkah ini diambil untuk memperkuat peran dan keterlibatan masyarakat dalam menjaga keamanan di lingkungan sekitar," katanya.

BACA JUGA:Polres OKI Rencanakan Pemetaan Daerah Rawan Pemilu dan Pilkada

Masih kata dia,  jadi Polisi yang bertugas di RW tersebut menjadi penanggungjawab atas keamanan di wilayahnya. Juga berkoordinasi ketua RW, Ketua RT, tokoh agama dan tokoh masyarakat sekitar. 

Ini sangat penting sinergi antara Polisi RW dan masyarakat dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

"Jadi dengan sinergi yang kuat antara Polisi RW dan masyarakat, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman, tertib dan damai," tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: