Polres OKI Rencanakan Pemetaan Daerah Rawan Pemilu dan Pilkada

Polres OKI Rencanakan Pemetaan Daerah Rawan Pemilu dan Pilkada

Rapat koordinasi persiapan Pemilu dan Pilkada 2023/2024, di RRBS 1 Pemkab OKI, Rabu 14 Juni 2023.-Niskiah-

Polres OKI Rencanakan Pemetaan Daerah Rawan Pemilu dan Pilkada

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO – Pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, 4 kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ilir jadi perhatian khusus.

Kabag Ops Polres Ogan Komering Ilir, Kompol Adriansyah SH, mengatakan 4 kecamatan dimaksud yakni, Kecamatan Cengal, Sungai Menang, Tulung Selapan dan Air Sugihan. 

“Untuk itu kita  merencanakan mapping peta kerawanan. Ada analisa potensi kerawanan daerah di beberapa kecamatan,” katanya pada kegiatan rapat koordinasi persiapan Pemilu dan Pilkada 2023/2024, di RRBS 1 Pemkab OKI, Rabu, 14 Juni 2023.

 Namun, peta kerawanan Pemilu dan Pilkada tersebut belum fix. Peta kerawanan itu juga bermacam- macam. 

BACA JUGA:Pemkab OKI Gelar Pilkades Serentak di 56 Desa, 26 Juni 2023

Dia menjelaskan, untuk potensi kerawanan Pemilu dan Pilkada berdasarkan kondisi geografis ada 4 kecamatan yakni Cengal, Sungai Menang, Tulung Selapan dan Air Sugihan. 

"Dari keempat kecamatan ini memang luas dan jauh dari Kota Kayuagung serta perairan," tegas Kompol Adriansyah SH. 

Selain potensi kerawanan karena kondisi geografis ada juga potensi kerawanan Kamtibmas. Yaitu dipetakan pada Kecamatan Kayuagung, Lempuing, Mesuji, Mesuji Raya, Mesuji Makmur dan Air Sugihan. 

"Pada kecamatan ini perlu perhatian serius dalam pelaksanaan pemilu dan pilkada nanti," ucapnya. 

BACA JUGA:MENGKHAWATIRKAN! Lahan Gambut Di Kabupaten OKI Mulai Kering, Rawan Terjadi Kebakaran

Tetapi sambungnya, untuk potensi kerawanan dari karakteristik masyarakat nya, dipetakan 3 Kecamatan yaitu Mesuji, Cengal dan Sungai Menang. 

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten OKI, Dari Siswadi dalam Rakor mengatakan, bahwa pelaksanaan Pemilu dan Pilkada nanti untuk jumlah pemilih di Kabupaten OKI merupakan terbanyak urutan ketiga di Sumsel. 

Dimana memang Kabupaten OKI ini secara geografis luas yang terdiri dari 18 Kecamatan yang tersebar, selain itu banyak perairan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: