Kakanwil Kemenkumham Babel Hadiri Pagelaran Seni Hari Anti Narkotika Internasional

Kakanwil Kemenkumham Babel Hadiri Pagelaran Seni Hari Anti Narkotika Internasional

--

Kakanwil Kemenkumham Babel Hadiri Pagelaran Seni Hari Anti Narkotika Internasional 

PANGKALPINANG, SUMEKS.CO – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto hadiri pagelaran seni menyambut Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2023 di Kantor Gubernur Babel, Jumat 16 Juni 2023. 

Pagelaran seni yang ditampilkan pada kegiatan ini yaitu pertunjukan tari, paduan suara dan pembacaan puisi.

Pj. Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu menyampaikan bahwa narkoba merupakan musuh kita bersama, dan jangan berikan kesempatan narkoba untuk masuk dan ada di Provinsi Babel.

Dikatakan Gubernur Babel, Provinsi telah memasukan unsur BNN (Badan Narkotika Nasional) ke dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) secara sah di dalam SK. Lalu telah dilakukan tes urin kepada 700 orang pegawai pemerintah.

BACA JUGA:4 Shio Penuh Hoki, Pantang Menyerah dan Kaya Raya

Hal tersebut merupakan implementasi Instruksi Presiden No 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika). Kedepannya akan dibuat Klinik Rehabilitasi.

“Saat ini telah dilakukan upaya pencegahan agar narkoba tidak masuk ke ranah pendidikan, melalui program Integrasi Kurikulum Anti Narkoba dan Sekolah Bersinar,” kata Suganda.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda), Irjen Pol. Yan Sultra menuturkan, Penggunaan narkoba diawali dari coba-coba.Upaya mencegah sudah dilakukan, membentuk kampung tangguh narkoba, melakukan edukasi penyuluhan, agar masyarakat mengetahui, timbul kepedulian, dan waspada akan bahaya narkoba.

“Tetapi, tetap dibutuhkan keterlibatan masyarakat untuk bersama memerangi narkoba,” kata Kapolda Babel.

BACA JUGA:IRT Tertangkap Kasus TPPO di Lubuklinggau, 40 Kali Salurkan Tenaga Kerja, Terancam 15 Tahun Penjara

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Babel, Bigjen Pol. M.Z Muttaqien, selaku narasumber menyampaikan jika Indonesia sudah menjadi pasar yang sangat potensial dalam jaringan narkotika dunia.

Narkoba sudah menyasar ke seluruh lini, dari mulai siswa SD (Sekolah Dasar) sampai ke aparat.

"BNN tidak bisa bekerja sendiri, butuh dukungan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat,” kata Ka BNNP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: