Ternyata Palembang Punya Pulau Seribu di Dalamnya Ada Masjid Kuno, Ini Lokasinya?

Ternyata Palembang Punya Pulau Seribu di Dalamnya Ada Masjid Kuno, Ini Lokasinya?

Masjid Kuno di Pulau Seribu Palembang, sudahkah Anda ke sana? Foto; usta Sumeks.co--

Ada cerita sejarah tentang awalnya berdiri masjid ini, kawasan Pulau Seribu.

Ya, Pulau Seribu merupalan wilayah sarang penyamun karena jauh dari wilayah perkotaan, ketika Syekh Muhammad Azhari ingin melaksanakan salat dan mampir di rumah salah seorang penyamun di Pulau Seribu tersebut.

Tampak sang pemilik rumah sedang sakit maka Syekh Ashari mengobatinya hingga sembuh.

Atas kebaikan Syekh Azhari tersebut warga yang diobati merasa tersentuh hatinya sehingga mewakafkan tanahnya untuk syiar Islam.

Maka Syekh Azhari bersama warga sekitar bersama-sama mendirikan masjid di Kepulauan Seribu tepatnya berada di pinggiran sungai Ogan dan menghadap ke sungai.

BACA JUGA:Tanggo Rajo Desa Meranjat 1, Destinasi Wisata Alam Baru di Ogan Ilir

 Jadi bila kita ingin berkunjung ke Masjid Syekh Muhammad Azhari di Pulau Seribu kita disarankan untuk menggunakan transportasi air atau perahu ketek dari kawasan Pasar Induk Jakabaring Palembang hanya cukup membayar 10.000 per orang kita telah sampai ke lokasi

Untuk transportasi darat masih cukup sulit menuju akses ke lokasinya, karena hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua saja.

BACA JUGA:Berjajar Perbukitan Seolah Mengapung Diatas Permukaan Bendungan, Destinasi Wisata Bukit Ulu Nan Eksotis

Pada tahun 2021 masjid Syekh Muhammad Azhari yang berada di Pulau Seribu dimasukkan ke dalam 76 kawasan destinasi wisata kota Palembang sebagai tempat wisata religi sejarah Islam kota Palembang.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: