Nah Lho! Myanmar Tantang ASEAN, Bakar 19 Warga Ditengah Pembahasan Krisis Kemanusian

Nah Lho! Myanmar Tantang ASEAN, Bakar 19 Warga Ditengah Pembahasan Krisis Kemanusian

Ilustrasi--

BACA JUGA:Berikut ini Hasil Kesepakatan KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo, Panglima TNI Sebut Aman Tak Ada Ancaman

“Kami baru tahu semalam setelah pertempuran berahir, jika mereka membunuh warga desa. Kami baru menemukan jasad mereka pagi ini,” ucap salah seorang pemberontak.

Hingga saat ini, junta militer Myanmar belum memberikan keterangan resmi.

Mirisnya, peristiwa pembakaran itu disaat pemimpin negara ASEAN menggelar pertemuan di Labuan Bajo. Konflik Myanmar menjadi salah satu agenda pembahasan

Pemimpin ASEAN bahkan merilis satu deklarasi khusus untuk mengecam serangan terhadap konvoi diplomat yang membawa bantuan di Myanmar. Di konvoi itu juga ada diplomat Indonesia.

BACA JUGA:Ngeri! Heboh Penampakan Cahaya Diatas Langit Pulau Okinawa Jepang, Hanya Sampah Satelit atau Pertanda Bencana?

Selama pertemuan, pimpinan negara termasuk Presiden RI Joko Widodo mengingatkan Myanmar agar segera menghentikan konflik.

Untuk diketahui Myanmar masih bergelut dengan konflik. Usai militer menggulingkan pemerintah yang sah 1 Pebruari 2021 lalu.

Junta merespon setiap upaya perlawanan. Mereka tak segan membunuh pihak yang menentang kekuasaanya.

Dua bulan pasca kudeta ASEAN turun tangan. Organisasi ini menggelar pertemuan khusus yang menghadirkan kepala negara anggota termasuk junta militer Myanmar, Ming Aung Hlaing, April 2021 di Jakarta.

BACA JUGA:TERKINI! Putra Raja Salman Singkirkan Ajaran Wahabi dan Dorong Peradaban Arab Saudi

Pertemuan itu menghasilkan 5 point. 1 diantaranya kekerasan di Myanmar harus segera dihentikan harus ada dialog kontruktif untuk mencari solusi.

Dua tahun berlalu, Myanmar tidak mematuhi 5 point itu. ASEAN pun tak pernah lagi mengundang Myanmar dalam pertemuan-pertemuan blok ASEAN. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: