7 Hari Berturut, Ini Aksi Telkomsel dan Komunitas Lokal Plustik di Pantai Labuan Bajo, Jelang KTT ASEAN 2023

7 Hari Berturut, Ini Aksi Telkomsel dan Komunitas Lokal Plustik di Pantai Labuan Bajo, Jelang KTT ASEAN 2023

Telkomsel bersama komunitas Plustik membersihkan sampah plastik di pantai Labuan Bajo, jelang KTT ASEAN 2023.-foto sumeks.co-

Menurut Saki, sampah plastik sangat mendesak dan menjadi concern . Krisis iklim adalah salah satu dampak dari penggunaan berlebih plastik sekali pakai.

Pada beach clean up yang pertama, kami berhasil mengumpulkan total 1,4 ton sampah, di mana sepertiganya adalah plastik. Plastik yang biasa didaur ulang adalah high value plastic seperti kemasan air mineral.

''Padahal yang banyak kami temukan adalah low value plastic seperti sachet, pouch, kemasan snack, dan lain-lain. Nah, di PlusTik kami memiliki teknologi yang mengolah low value plastic tersebut menjadi produk akhir guna ulang seperti paving block hingga perahu,” jelas Reza Hasfinanda, CEO dan founder PlusTik.

Kegiatan pembersihan sampah, khususnya sampah berbahan plastik, pada tiga pantai tersebut juga melibatkan sejumlah komunitas pemuda lokal yang berada di Kawasan Labuan Bajo, seperti Mahasiswa/i Politeknik eLBajo Commodus, Komunitas Komodo Sea Cleaners, dan Komunitas Plastic Man.

Sampah yang berhasil dikumpulkan nantinya akan dipilah kembali dan diupayakan dapat didaur ulang oleh PlusTik menjadi barang yang bermanfaat lainnya. Pada hari pertama pelaksanaan kegiatan tersebut di Pantai Waecicu.

BACA JUGA:TERDEPAN, Telkomsel Pastikan Konektivitas saat Perhelatan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo

Sampah yang berhasil dikumpulkan mencapai 1,4 ton. Selain kegiatan pembersihan pantai, Telkomsel juga mendukung PlusTik untuk memproduksi 1.000 mobile phone holder yang terbuat dari 100 persen dari material plastik daur ulang, yang akan dibagikan sebagai cinderamata bagi para tamu, peserta delegasi, dan panitia KTT ASEAN 2023.

Saki lebih lanjut menambahkan, Telkomsel Jaga Bumi sendiri merupakan program CSR yang menjadi wujud komitmen Telkomsel dalam menjalankan setiap proses bisnis perusahaan yang berkelanjutan dengan memanfaatkan seluruh aset teknologi terdepan dan ekosistem digital yang dimiliki.

Tentu ini selaras dengan upaya perusahaan dalam menjaga keberlangsungan bumi serta lingkungan dengan mengedepankan prinsip ESG. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: