Tiap Hari Bergelut dengan Sampah, Petugas Kebersihan Ogan Ilir Khawatir Penyakit

Tiap Hari Bergelut dengan Sampah, Petugas Kebersihan Ogan Ilir Khawatir Penyakit

Petugas kebersihan Ogan Ilir. --

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Setiap hari membersihkan sampah di wilayah Indralaya Kabupaten OGAN ILIR, sejumlah petugas kebersihan khawatir akan terjangkit penyakit.

Untuk itu, para petugas kebersihan ini berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir, agar kiranya memberikan pemeriksaan kesehatan secara rutin kepada mereka.

"Khawatir saja terjadi apa-apa, karena setiap hari kita membersihkan sampah," kata Supardi, salah seorang petugas kebersihan di Ogan Ilir, Sabtu 25 Maret 2023.

Menurut Supardi, pemeriksaan kesehatan yang mereka harapkan dilakukan setiap bulan sekali. pemeriksaan kesehatan ini diharapkan, kesehatan para petugas kesehatan ini terjaga dengan baik.

BACA JUGA:Buah Kesadaran Jaga Kebersihan

"Selama kami jadi petugas kebersihan ini belum pernah mendapatkan pelayanan kesehatan," ungkapnya.

Dikatakan Supardi, mereka hanya ingin mengetahui bahwa tubuh mereka sehat, sehingga tidak terganggu dalam menjalankan tugas sebagai petugas kebersihan.

"Kalau kami sehat tentunya untuk menjalankan tugas akan lebih cepat lagi, dan tidak perlu dibayang-bayangi rasa khawatir terserang penyakit," tegasnya.

Supardi menyebut, bahwa petugas kebersihan memang rentan dengan terserang penyakit. Karena, setiap hari harus berkutat dengan sampah sejak pagi hingga sore hari.

BACA JUGA:Update Pasien Pelajar Luka Bernanah Paska Operasi, Terungkap Ibunya 9 Tahun Jadi Petugas Kebersihan di RSUP

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Ilir, Husni Tamrin, melalui Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan, Tofan Arnold mengatakan, selama ini petugas kebersihan di Kabupaten Ogan Ilir sudah mendapatkan BPJS Kesehatan.

"Dari dulu mereka sudah ada BPJS Ketenagakerjaan, dan baru-baru ini mereka mendapatkan Jaminan Kesehatan secara gratis," terangnya.

Menurut Tofan, 193 petugas kebersihan di Kabupaten Ogan Ilir dipersilahkan untuk memanfaatkan Jaminan Kesehatan ini, apabila ingin memeriksakan kesehatan mereka.

"Kami kira ini sudah cukup kalau mereka ingin memeriksakan kesehatan," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: