Buah Kesadaran Jaga Kebersihan

Buah Kesadaran Jaga Kebersihan

--

LAHAT, SUMEKS.CO - Kabupaten Lahat kembali dinobatkan sebagai Kota Sedang Terbersih, hingga meraih anugerah Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Anugerah Adipura ke 12 bagi Bumi Seganti Setungguan hasil penilaian tahun 2022 ini, diterima langsung Bupati Lahat, Cik Ujang SH dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof Dr Ir Siti Nurbaya Bakar MSc di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Cik Ujang mengatakan, anugerah Adipura ini bukti dari kesadaran masyarakat, dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri. Hal ini tidak lepas peran serta Pemkab Lahat melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lahat, yang gencar menumbuhkan kesadaran masyarakat, untuk tidak membuang sampah sembarang, untuk menjaga lingkungannya agar tetap bersih. Selain itu, anugerah ini juga berkat kerja keras petugas kebersihan, yang setiap terus bekerja mewujudkan agar Lahat tetap bersih.

“Terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Lahat. Tak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada petugas kebersihan. Selama ini, ketika sebagian besar warga masih tertidur pulas, petugas kebersihan sudah bekerja menyapu jalan dan tempat-tempat umum. Tidak mengenal cuaca buruk (hujan), petugas kebersihan masih tetap bekerja,” kata Cik Ujang, Selasa (28/2).

Cik Ujang menambahkan, anugera Adipura yang diterima, bukan hanya jadi sebuah kebanggaan, hendaknya juga jadi cambuk bagi masyarakat Kabupaten Lahat untuk selalu membudayakan hidup bersih, khususnya dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Kebersihan itu sifatnya untuk seluruh masyarakat, mulai dari desa sampai ke kota. Menjaga kebersihan bukan sekedar untuk mempertahankan Adipura, tapi untuk dampak yang lebih baik bagi seluruh masyarakat,”ujarnya.

Sementara, Kepala DLH Lahat, Agus Salman menuturkan, anugerah Adipura yang diraih tahun ini, diharapkan jadi momentum meningkatkan semangat masyarakat dalam pengelolaan sampah. Mengingat, persoalan kebersihan ini merupakan tanggungjawab seluruh masyarakat. Dengan begitu, cita-cita mewujudkan Lahat bersih, Lahat sehat dan Lahat bercahaya, pasti akan terwujud.

“Anugerah Adipura ini, bukti bahwa masyarakat kita memang peduli akan kebersihan. Harapan kedepan semangat dalam pengelolaan sampah di masyarakat semakin tinggi. Bukan hanya di kota, namun juga di seluruh desa, juga ikut lakukan pengelolaan sampah,” tuturnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: