Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Menyambut Baik 6 Desa Wisata Lolos 300 Besar ADWI 2023

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Menyambut Baik 6 Desa Wisata Lolos 300 Besar ADWI 2023

Fikri--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada Desa Wisata di Indonesia yang diselenggarakan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

Sebanyak 6 desa wisata di Provinsi Sumatra Selatan berhasil lolos 300 besar. Enam desa wisata tersebut, yakni Desa Wisata Sungsang IV di Kabupaten Banyuasin, Desa Wisata Shuji Lembak di Kabupaten Muara Enim dan Desa Wisata Bukit Layang dari Kabupaten Musi Rawas Utara. 

Selanjutnya, Desa Wisata Kelumpang di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Desa Wisata Dewita Kopi di Kabupaten Musi Rawas, dan Desa Wisata Tanjung Menang di Kabupaten Lahat.

Fikri, kepala Seksi SDM dan Ekonomi Kreatif, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, menyambut baik enam desa wisata yang berhasil lolos 300 besar ADWI 2023.

BACA JUGA:6 Desa Wisata Sumatera Selatan Lolos 300 Besar ADWI 2023, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

BACA JUGA:Tutup Rangkaian Haul Dan Ziarah Kubro Palembang, Jemaah Wisata Bahari Berdoa di Masjid Ki Marogan

“Untuk 6 desa  yang masuk 300 ADWI 2023, iya lah desa yang memiliki mindset dan motivasi kepada pariwisata yang sudah mendapatkan dukungan dari pemerintah dan prangkat  daerah,” kata Fikri, saat dihubungi  SUMEKS.CO via WhatApps.

Fikri juga berharap untuk kedepanya tak hanya 6 desa wisata ini saja, tapi di setiap daerah harus bersaing sehat demi kemajuan pariwisata

Lebih lanjut Fikri menjelaskan pada ADWI 2023 dalam tahap 500 besar dan 300 besar perwakilan Sumsel mengalami penuruan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Sebernya kita sudah meningkat dari jumlah pendaftar, 30 pada tahun lalu dan sekarang 36, cuman untuk seleksi curator 500 dan 300 besar  itu langsung dari pusat dalam hal ini, Kemenparekraf,” ungkapnya. 

BACA JUGA:Camping Asik Sambil Menikmati Asrinya Desa Wisata Burai, Ogan Ilir

Fikri menambahkan  ini, hal ini menjadi pekerjaan rumah semua untuk khususnya daerah agar terus memajukan pariwisata Sumatra Selatan.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: