Tutup Rangkaian Haul Dan Ziarah Kubro Palembang, Jemaah Wisata Bahari Berdoa di Masjid Ki Marogan

Tutup Rangkaian Haul Dan Ziarah Kubro Palembang, Jemaah Wisata Bahari Berdoa di Masjid Ki Marogan

Jemaah peserta Haul dan Ziarah Kubro 2023 Kota Palembang, memanjatkan doa bersama mendoakan makam Ki Marogan, Ahad 12 Maret 2023. Foto: Fadly/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Menutup rangkaian acara Haul dan Ziarah Kubro Kota Palembang 2023, jemaah peserta memanjatkan doa di makam Masagus H Abdul Hamid bin Masagus H Mahmud atau yang dikenal Kiai Marogan, Ahad 12 Maret 2023.

Sekira pukul 16.30 WIB, puluhan peserta diangkut dengan menggunakan tiga transportasi air diantaranya menggunakan Kapal Putri Kembar Dadar dari Dermaga Benteng Kuto Besak, menuju Masjid Ki Marogan yang berada di pinggir Sungai Musi tepatnya di Kecamatan Kertapati Palembang.

Rombongan peserta jemaah yang dipimpin Ustadz Hamid Baroqbah diterima langsung oleh pimpinan dan pengurus Masjid Ki Marogan, yang kemudian langsung berziarah dan beroda di depan makam Kiai Marogan.

Sekretaris panitia kegiatan, Abu Bakar Rofiq bin Husin MBA mengatakan Wisata Bahari ke Masjid Kiai Marogan merupakan kegiatan penutup setelah selama dua hari menggelar Haul dan Ziarah Kubro para Aulia dan Habaib Palembang Darussalam.

BACA JUGA:Ziarah ke Makam Habib dan Auliya di Kambang Koci Manjadi Puncak Ziarah Kubroh Palembang 2023

"Sebagaimana kita ketahui bersama Masjid dan Makam Kiai Marogan ini sebagai Waliyullah dan Solihin penyebar agama Islam dan terkenal dengan karomahnya," ujarnya saat diwawancarai SUMEKS.CO.

Oleh karena itu, lanjut dia, sebagai umat muslim sangatlah berterima kasih atas jasa-jasanya yaitu dengan selain dengan cara menziarahi juga berdoa ke makam Kiai Marogan.

Adapun peserta yang ikut dalam rombongan wisata bahari ke makam Kiai Marogan, yakni Habib Muhsin bin Muhammad Al Attas asal Madinah, Habib Husin Alaydrus dan Habib Jamal Al Jaelani dari Mekkah serta Syech Murod berasal dari Yaman.

Setelah berdoa bersama di makam Kiai Marogan, rombongan jamaah peserta kegiatan dijamu oleh pengurus Masjid Kiai Marogan dengan jamuan makan pempek bersama.

BACA JUGA:Selama Pelaksanaan Ziarah Kubro 2023, Sebagian Besar Jemaah Bermalam di Rumah Sesepuh Habaib

Suasana keakraban antar peserta dan pengurus Masjid Kiai Marogan begitu terlihat, sebelum akhirnya para rombongan kembali bertolak ke dermaga menuju kediaman untuk beristirahat.

Terpisah, Panitia bagian humas Fadli Muhammad Assegaf menerangkan, malam ini peserta yang berasal dari luar negeri kemungkinan masih menginap di rumah sesepuh para Habaib yang berada di wilayah Seberang Ulu dan Seberang Ilir di Kota Palembang.

"Kemungkinan sebagian besar besok tamu peserta dari luar akan pulang, dan sebagian lagi masih tetap disini karena ada rangkaian kegiatan lainnya seperti pengajian bersama di Ponpes Rubbat Almuhibbin di Lebak Murni Sako," tukasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: