Selama Pelaksanaan Ziarah Kubro 2023, Sebagian Besar Jemaah Bermalam di Rumah Sesepuh Habaib

Selama Pelaksanaan Ziarah Kubro 2023, Sebagian Besar Jemaah Bermalam di Rumah Sesepuh Habaib

Ribuan jemaah kegiatan Haul dan Ziarah Kubro tahun 2023 di Kota Palembang pada hari kedua pelaksanaan. Foto: fadly/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Tercatat lebih kurang 4.500 hingga 5.000 jemaah kegiatan Haul dan Ziarah Kubro tahun 2023 di Kota Palembang, dan saat ini telah memasuki rangkaian acara hari kedua, Sabtu 11 Maret 2023.

Dari ribuan jemaah peserta Haul dan Ziarah Kubro tidak hanya dari dalam Kota Palembang saja, namun dari seluruh penjuru nusantara.

Bahkan beberapa diantaranya jemaah dari luar negeri seperti dari Hadramaut Yaman, Malaysia, Filipina dan Brunei Darussalam.

Humas kegiatan Haul dan Ziarah Kubro tahun 2023, Fadil Muhammad Assegaf Sabtu 11 Maret 2023, menerangkan jemaah peserta Haul dan Ziarah Kubro dari luar negeri, sebagian besar menginap di rumah kerabat.

BACA JUGA:Serang Ketek Kecipratan Rezeki Ziarah Kubro Palembang

Dijelaskannya, rumah kerabat yang dimaksud seperti rumah para sesepuh Habaib dan Aulia alim ulama yang tersebar di wilayah Seberang Ulu dan Seberang Ilir Kota Palembang.

"Seperti di wilayah Seberang Ilir diantaranya Pasar Kuro, Sungai Muara, dan Sungai Bayas sementara untuk di Seberang Ulu rata-rata menginap di Kampung Al Habsyi, Lorong BBC, dan kampung Al Munawar," ujar Fadil Muhammad Assegaf, dibincangi di sela Haul Hari kedua di Kampung Al Munawwar Kelurahan 13 Ulu Kota Palembang.

Diterangkannya, dalam Haul yang digelar di Kampung Al Munawwar ini adalah untuk mendoakan salah satu ulama yang terkenal kala itu yakni diantaranya Habib Abdurrahman bin Muhammad Al Munawwar.

"Beliau merupakan ulama yang berjasa besar dalam perkembangan dakwah khususnya di Kota Palembang dan sekitarnya," ungkapnya.

BACA JUGA:Rangkaian Terakhir Hari Pertama Ziarah Kubro, Ribuan Jemaah Memadati Pemakaman Aulia di Telaga Swidak

Dituturkannya, rangkaian kegiatan acara puncak Haul dan Ziarah Kubro Kota Palembang akan di laksanakan pada Ahad 12 Maret 2023 besok.

Dengan rangkaian kegiatan pertamanya yakni Haul Habib Abdullah bin Idrus Syahab dan Habib Abdurrahman Al bin Hamid di Sungai Bayas 8 Ilir pada pukul 06.30 WIB pagi.

Kemudian, dilanjutkan dengan puncak acara yakni Ziarah Kubro Ulama dan Aulia Palembang Darussalam di Pemakaman Kawah Tekurep dan Kambang Koci Kelurahan 3 Ilir dan 5 Ilir Kota Palembang, yang akan dilaksanakan pada pukul 8.15 WIB.

"Yang kemudian diakhiri dengan Wisata Bahari menyusuri sungai Musi dari BKB menuju Makam Kyai Muara Ogan ba'da ashar," tukasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: