Tanggo Rajo Desa Meranjat 1, Destinasi Wisata Alam Baru di Ogan Ilir

Tanggo Rajo Desa Meranjat 1, Destinasi Wisata Alam Baru di Ogan Ilir

Tanggo Rajo di Desa Meranjat 1 Kecamatan Indralaya Selatan menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Ogan Ilir. -Foto: Hetty/sumeks.co-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Pemerintah Desa Meranjat 1 Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir, saat ini tengah mengembangkan destinasi wisata baru. Ialah Tanggo Rajo, yang dijadikan sebagai destinasi wisata alam baru di Kabupaten Ogan Ilir.

Kepala Desa Meranjat 1, Fahrul Hadi mengatakan, Tanggo Rajo ini merupakan destinasi wisata yang memanfaatkan alam untuk disajikan kepada pengunjung. Tak hanya alam, di Tanggo Rajo ini pengunjung juga bisa mengetahui sejarah berdirinya Tanggo Rajo.

"Tanggo Rajo ini merupakan tempat pemandian para raja. Jadi, untuk menjadikan Tanggo Rajo sebagai destinasi wisata, kami meminta izin terlebih dahulu kepada ahli waris," ungkapnya, Senin, 7 Februari 2023.

Fahrul bersyukur, bahwa pihak keluarga ahli waris mendukung sepenuhnya terhadap pengembangan destinasi wisata di Desa Meranjat 1, dan menjadikan Tanggo Rajo sebagai lokasi untuk tempat wisata.

BACA JUGA:Agrowisata Puncak Liku 9, Nikmati Keindahan Alam dari Puncak Bukit Barisan

Semua wahana yang terdapat di destinasi wisata Tanggo Rajo ini merupakan hasil swadaya masyarakat. Meskipun masih seadanya, namun destinasi wisata ini sudah banyak di kunjungi warga.

Tanggo Rajo ini merupakan sebuah lebak yang terletak di Desa Meranjat 1. Disini, pengunjung bisa menikmati alam yang begitu indah di lebak ini.

"Disini pengunjung bisa memancing ikan, karena disini tersedia ikan toman, lele, dan patin," terangnya.

Untuk berkunjung ke Tanggo Rajo, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya. Karena, Pemdes Meranjat 1 tidak mematok dengan harga khusus. 

BACA JUGA:Berjajar Perbukitan Seolah Mengapung Diatas Permukaan Bendungan, Destinasi Wisata Bukit Ulu Nan Eksotis

"Semua gratis, kalau mau bayar ya sukarela. Uangnya kita masukkan ke kas desa," lanjutnya.

Menurut Fahrul, Desa Meranjat 1 banyak sekali potensi wisata yang akan dikembangkan. Antara lain, wisata kuliner, wisata religi, dan wisata alam.

Untuk wisata kuliner, Desa Meranjat 1 mempunyai pindang meranjat serta makanan olahan ikan lainnya, seperti, pempek ikan sungai, kerupuk, dan kemplang.

Untuk wisata religi, Desa Meranjat 1 memiliki makam leluhur Usang Meranjat sebagai cikal bakal berdirinya Desa Meranjat. Kemudian, untuk wisata alam, Desa Meranjat 1 memiliki lebak yang begitu luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: