Jelang Piala Dunia U-20, Pemprov Sumsel Fokus Pemeliharaan Rumput Stadion

Jelang Piala Dunia U-20, Pemprov Sumsel Fokus Pemeliharaan Rumput Stadion

Pekerja melakukan perawatan rumput Stadion GSJ, Palembang. foto: istimewa--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Menjelang FIFA World Cup U-20 2023, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) PALEMBANG saat ini memasuki tahapan perbaikan dan pemeliharaan rumput. Pemeliharaan dan perbaikan mencapai progres 20 persen.

Sebagai salah satu tuan rumah penyelenggara FIFA World Cup U-20 tahun 2023 yang digelar pada 20 Mei-11 Juni nanti, Pemprov Sumatera Selatan terus memaksimalkan pembenahan seluruh fasilitas stadion.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Selatan, Rudi Irawan mengatakan, secara keseluruhan progres renovasi Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang hingga saat ini berada di atas 95 persen dan ditargetkan rampung awal Mei 2023.

"Saat ini sudah masuk tahapan perbaikan rumput stadion," kata Rudi saat dihubungi, Jumat 3 Februari 2023.

BACA JUGA:Palembang Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Dispora Sumsel Libatkan Panitia Daerah

Selain pengerjaan rumput lapangan, fasilitas stadion juga masih dalam tahapan perbaikan seperti penggantian lampu LED, scoring board dan beberapa fasilitas lainnya. Kendati, pengerjaan tersebut diyakini tak akan memakan waktu yang lama.

"Tinggal beberapa lagi. InsyaAllah awal Mei 2023 sudah rampung semuanya," tukasnya.

Sementara, saat dikonfirmasi mengenai berapa negara yang akan bertanding di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Rudi menuturkan belum mendapatkan laporan dari Kemenpora.

"Kita masih menunggu. Yang jelas kita persiapkan dulu fasilitasnya," terang Rudi.

Terpisah, Afriandi Gunawan, pengelola JSC Palembang mengungkapkan, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang menggunakan jenis rumput Zoycia Matrella. Jenis rumput ini dinilai bagus dan sudah menjadi standar rumput stadion Eropa.

BACA JUGA:Jelang Piala Dunia U-20, Komite Keandalan Gedung PUPR Pengecekan Stadion Sriwijaya Jakabaring Palembang

"Rumputnya kita pakai jenis Zoycia Matrella," tuturnya.

Sementara diketahui, sebanyak 24 negara akan bertanding pada Piala Dunia U-20 yang dilaksanakan pada Mei-Juni 2023 di enam Stadion Indonesia. Salah satunya, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. 

Sedangkan, lima stadion lainnya yakni Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: