OKI Mulai Panen Raya Padi, Stok Beras Sumatera Selatan Aman

OKI Mulai Panen Raya Padi, Stok Beras Sumatera Selatan Aman

Panen Raya Padi di Kecamatan Air Sugihan OKI.-Foto: dok/sumeks.co-

Namun untuk memaksimalkan potensi lahan tersebut, tentunya dibutuhkan tata kelola air yang baik.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten OKI, Ir Sahrul MSi menerangkan, pihaknya meminta dukungan dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU). 

Yakni perbaikan Saluran Pedesaan (SPD) Saluran Drainase Utama (SDU) melalui Balai Besar Wilayah Sungai VIII. Perbaikan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

BACA JUGA:32 Nama Peserta yang Lolos Seleksi Petugas Penyelenggara Haji Tahap Kedua Kanwil Kemenag Sumatera Selatan 2023

"Masalah kebutuhan bibit, pupuk, alat mesin pertanian tidak jadi soal. Yang penting kelompok tani terdaftar di simluhtan sehingga bisa dapat alokasi secara online pakai kartu tani. Nah untuk tata kelola air kita minta bantu dengan ahlinya,” kata Sahrul. 

Sahrul juga menjamin keberlanjutan padi di Kabupaten OKI akan terus dipertahankan untuk menjaga dan mendukung lumbung pangan Sumatera Selatan.

"Kita  jaga  wilayah lumbung pangan lokal yang tersebar di 3 kecamatan dengan produktivitas 5-6 ton per ha yang mampu mendukung ketersediaan pangan Sumatera Selatan dan penyangga pangan Nasional," pungkas Sahrul. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: