Akibat Intensitas Hujan Tinggi, Jalan Provinsi Desa Padang Bindu Muara Enim Tertimbun Longsor

Akibat Intensitas Hujan Tinggi, Jalan Provinsi Desa Padang Bindu Muara Enim Tertimbun Longsor

Petugas BPBD dan PUPR menurunkan alat berat serta dibantu masyarakat dan tim gabungan melakukan pembersihan material tanah longsor.-Foto: Ozi/sumeks.co-

MUARA ENIM, SUMEKS.CO – Intensitas curah hujan tinggi diwilayah Kabupaten Muara Enim mengakibatkan terjadinya longsor. Akibatnya, longsor menutup akses ruas jalan provinsi yang menghubungkan Muara Enim - Semendo tepatnya di Desa Padang Bindu, Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muara Enim.

Peristiwa ini terjadi Rabu 1 Februari 2023. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian tersebut.

Tim dari BPBD dan alat berat pihak Dinas PUPR beserta anggota Polsek Tanjung Agung dan personil Samapta juga dibantu warga langsung melakukan percepatan pembersihan material tanah longsor yang badan jalan.

“Kita memasang spanduk imbauan dan rekayasa lalu lintas dengan melakukan pengalihan arus untuk menghindari kejadian yang tidak terduga,” kata Kabag Ops Polres Muara Enim, Kompol Toni Arman SH.

BACA JUGA:Antisipasi Penyebaran Narkoba Melalui Liquid Vape, Ini yang Dilakukan Polres Muara Enim

Ia berkata, percepatan tanggap aksi dalam bencana tanah longsor ini dilakukan sebagai wujud kepedulian Polri kepada masyarakat pengguna jalan.

“Diharapkan dapat segera dilakukan supaya tidak terjadi penumpukan arus lalu lintas yang menyebabkan kemacetan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi SH SIK MH, mengapresiasi kecepatan anggotanya di lapangan dalam menangani kejadian tanah longsor.

“Inilah harapan masyarakat, secara nyata polisi hadir untuk memberikan bantuan di saat-saat krusial. Semua demi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan bersama,” ungkapnya.

BACA JUGA:Dukung Proyek Strategis Nasional, Bomba Grup Lakukan Ground Breaking Pembangunan CPP di Muara Enim

Dia mengimbau bagi seluruh  warga yang melintas agar selalu berhati-hati dalam berkendara. Mengingat cuaca tak menentu, hujan deras, kondisi struktur tanah dan angin kencang dapat menyebabkan bencana yang terjadi secara tiba-tiba.

“Untuk itu perlu kewaspadaan ekstra, selalu berhati-hati,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Muara Enim, H Abdur Rozieq Putra ST MT mengatakan, setelah pihaknya mendapat informasi terjadinya longsor.

Pihaknya berkoordinasi dengan PUPR, Polsek Tanjung Agung dan Polres Muara Enim langsung bergerak cepat menuju lokasi longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: