Waduh!, Ada Oknum Acak-acak Makam Kramat Pangeran Kramajaya di Palembang

Waduh!, Ada Oknum Acak-acak Makam Kramat Pangeran Kramajaya di Palembang

Komplek Pemakaman Pangeran Kramajaya dan keluarga yang terletak di Jalan Segaran, Lr Kambing, Kelurahan 15 Ilir, IT I, Palembang yang sebelumnya telah di tetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Kebudayaan Kota Palemban--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Komplek  Pemakaman Pangeran Kramajaya dan keluarga yang terletak di Jalan Segaran, Lr  Kambing, Kelurahan 15 Ilir, IT I, Palembang yang sebelumnya telah di tetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Kebudayaan Kota Palembang dengan nomor urut 013 dan sudah tercatat di Nomor Registrasi Nasional : PO2018090600566, Jumat 30 Desember 2022.

Pagi hampir seluruh nisan di areal komplek malam tersebut di patahkan dan dihancurkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Menurut Keturunan kelima Pangeran Kramajaya Raden Iskandar Sulaiman SH mengaku nisan-nisan yang ada dalam komplek pemakaman Pangeran Kramajaya telah di patahkan dan dihancurkan orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

“ Kejadiannya tanggal 30 Desember saya di kasih  tahu yang jaga makam ini, lalu saya kesini kok di hancurin lagi, lisan itu dilempar-lemparin , kemarin patahannya banyak , kurang lebih ada 10 nisan yang dipatahkan,” katanya, Minggu 8 Januari 2023.

BACA JUGA:Sambut HUT OKUT ke-19, Gelar E-Sport Mobile Legends

Hingga kini menurut Iskandar pihaknya belum buat laporan polisi walaupun diakuinya  sudah dirinya mendapatkan laporan makam dan nisan tersebut di patahkan dan dihancurkan.

Malahan menurutnya  polisi dari Poltabes sudah sempat datang dan melihat komplek Pemakaman Pengeran Kramajaya ini yang kondisinya nisannya di patahkan dan dihancurkan.

“ Lagi diatur dalam sebuah strategi ,  polisi sudah tahu, laporan resmi ke polisi belum sedang kita persiapkan oleh pengacara kita, , karena itulah dalam hal hukum saya harus hati-hati,” katanya.

Menurutnya para pelaku masuk areal komplek Pemakaman Pangeran Kramajaya saat penjaga makam sedang makan siang.

BACA JUGA:Pantas Tetap Berdiri Kokoh, Ternyata Begini Konstruksi Jembatan Ampera Palembang

“Para pelaku masuk diujung di belakang spanduk itu deket seperti hutan-hutan itu, kalau pelakunya kalau boleh saya ngomong Wallahu a'lam bish-shawab, saya enggak kenal,” katanya.

Menurutnya areal  komplek Pemakaman ini tadinya seluas 1,3 hektar belakangan di bangun perumahan dan kini sedang bersengketa. Dan kini komplek Pemakaman Pangeran Kramajaya ini luasnya tinggal  500 meter persegi.

“ Lalu kemauan zuriat  buat pagar sekeliling komplek pemakaman ini, dananya  dari zuriat tanpa ada bantuan dari pihak luar,” katanya.

Sedangkan salah satu kuasa hukum zuriat Pangeran Kramajaya, Robi Septian SH  menjelaskan kalau dulu ada permasalahan hukum antara sesama zuriat Pengeran Kramajaya terkait areal Komplek Pemakaman Pangeran Kramajaya ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: