Kasus Pengrusakan Kompleks Pemakaman Pangeran Kramajaya, Bola Panas di Disbud Palembang?

Kasus Pengrusakan Kompleks Pemakaman Pangeran Kramajaya, Bola Panas di Disbud Palembang?

Pengrusakan Kompleks Pemakaman Pangeran Kramajaya.-foto:doksumeksco-

PALEMBANG, SUMEKS.CO -  Sengkarut sengketa lahan Kompleks Pemakaman Pangeran Kramajaya, belum menemukan titik temu.Karena kondisi yang sudah sangat sensitive, Dinas Kebudayaan Palembang menggelar rapat antara kedua pihak secara terpisah. 

Sehingga, sengketa lahan yang menjadi  Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) terselesaikan. Awalan, Kepala Disbud Kota Palembang Agus Rizal AP Msi  menghadirkan zuriat Pangeran Kramajaya dipimpin Raden  Iskandar Sulaiman.

Setelah itu Kadisbud memanggil pihak yang klaim tanah Pangeran Kramajaya yaitu Asit Chandra, diwakili  pengacaranya dan Latief.

Turut hadir diantaranya Perwakilan Ditjen  Kemendikbud RI,  Balai Pelestarian Kebudayaan VI  Sumatera Selatan,  Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) kota Palembang, Brin Sumsel,  kepolisian, BPN kota Palembang. 

BACA JUGA:Waduh!, Ada Oknum Acak-acak Makam Kramat Pangeran Kramajaya di Palembang

“Kami menggali data-data  terkait dengan makam kramat Pangeran Kramajaya baik dari sisi pak Iskandar dan pak Asit Chandra  selaku pembeli maupun pak Latief , “ katanya.

Perwakilan zuriat Pangeran Kramajaya Raden Iskandar   Sulaiman menegaskan jika sebenarnya soal makam Pengeran Kramajaya sudah terang benderang.

''Dari pihak BPN sudah jelas, sudah disampaikan  tadi dalam pertemuan dan Insya Allah semua berjalan sempurna , cuma terus terang  saya akan tetap berjuang bersama yang lain walau tetap bagaimanapun aku tetap di depan, aku tidak mau di injak –injak,” katanya.

Soal pemasangan pagar seng di kawasan pemakaman Pangeran Kramajaya , Iskandar Sulaiman mengaku sakit hati.  ''Tinggal bagaimana langkah Dinas Kebudayaan Kota Palembang,’’ tandas Iskandar Sulaiman.

Terkait informasi pemindahan Makam  Pangeran Kramajaya dari Probolinggo ke Palembang, menurut Iskandar Sulaiman  tidak ada kebenaran alami.

BACA JUGA:Waduh!, Ada Oknum Acak-acak Makam Kramat Pangeran Kramajaya di Palembang

Yang ada kebenaran sejarah. “Itu saja patokanku,'' katanya. Iskandar Sulaiman kembali menegaskan kalau komplek Makam Kramajaya tidak akan dipindahkan.

“ Sekali lagi, sekarang tinggal keputusan Dinas Kebudayaan kota Palembang, bagaimana, saya tidak pernah mundur,” tegas Iskandar Sulaiman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: