Pembebasan Lahan Tol di Wilayah Muba Baru 20 Persen, Pemkab Usulkan 1 Gerbang Tol Arah Sekayu

Pembebasan Lahan Tol di Wilayah Muba Baru 20 Persen, Pemkab Usulkan 1 Gerbang Tol Arah Sekayu

Tol Betung-Tempino Jambi.-Foto: PUPR/sumeks.co-

MUBA, SUMEKS.CO - Pembangunan Tol Trans Sumatera ruas yang termasuk di Wilayah Musi Banyuasin (Muba), kini masih dalam proses pembebasan lahan. Pemerintah Kabupaten Muba terus menggenjot agar proses ganti untung pembebasan lahan dapat segera selesai.

Untuk diketahui, dari 28 Desa di Kabupaten Muba yang masuk dalam ruas tol ini, baru 7 desa yang baru selesai ganti untung. 

"Kalau dipersentasikan sekitar 20 persen yang sudah selesai (ganti untung)," kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Muba, H Yudi Herzandi SH MH. 

Yudi mengaku memang ada sejumlah permasalahan yang harus diselesaikan sebelum proses ganti rugi tersebut bisa dilaksanakan. Namun ditegaskannya Pemkab Muba akan berusaha agar proses ganti untung lahan untuk tol ini bisa diselesaikan secepatnya.

BACA JUGA:Sempat Diragukan Terwujud, Berikut Data dan Fakta Tentang Tol Bengkulu

"Seperti yang disampaikan Pj Bupati pada penyerahan ganti untung warga di Bayung Lencir beberapa waktu lalu, sempat dilema untuk mempercepat proses ganti rugi. Saat itu banyak persoalan yang harus dituntaskan, terus terang kita bersama tim sempat galau. Alhamdulillah dengan segala kerja keras tim akhirnya beberapa desa sudah mulai diganti untung," jelasnya.

Pembebasan lahan ini dilakukan pula oleh Pemkab Muba yang sedang mengupayakan penambahan 1 gerbang tol di wilayah mereka. 

Untuk Kabupaten Musi Banyuasin sendiri direncanakan kebagian 2 gerbang tol. Kabar teranyar, Pemkab Muba masih berupaya terus mengusulkan kepada pengelola agar menambah 1 lagi gerbang tol.

Titik gerbang tol yang sudah masuk dalam perencanaan titiknya di wilayah Kecamatan Bayung Lencir. Kemudian untuk gerbang tol kedua berada di daerah Peninggalan. Tepatnya di antara simpang C2 Desa Berlian Makmur dan Desa C3 Bukit Jaya.

BACA JUGA:Sah! Tol Bengkulu-Taba Penanjung Resmi Beroperasi 12 Januari 2023, Ini Rincian Tarifnya

"Kalau bagian dalam nya masuk diwilayah Kecamatan Sungai Lilin, namun di bagian luar disekitar jalan lintas berada di Desa Peninggalan Kecamatan Tungkal Jaya," jelas Kabag Tapem Pemkab Muba, H Irwan Sazili S.sos Msi.

Dalam beberapa kesempatan, Penjabat (Pj) Bupati Muba sempat mengungkapkan bahwa Pemkab Muba sedang mengusulkan untuk penambahan titik gerbang tol.

Kalau memang ada usulan pintu tol lagi, Irwan Sazili mengungkapkan untuk memudahkan akses warga yang dari Kota Sekayu untuk masuk ke tol.

"Karena kalau tidak warga kota Sekayu terpaksa masuk tol melalui pintu tol di daerah Betung," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: