Mengenal Ragam Lontong Sayur di Indonesia, Mana yang Jadi Favoritmu?

Mengenal Ragam Lontong Sayur di Indonesia, Mana yang Jadi Favoritmu?

Lontong sayur Betawi-Foto: Kumparan-

BACA JUGA:Resep Jadul Ini Menggugah Selera, Berikut Cara Mudah Bikin Sambal Campur Goreng yang Disukai Keluarga

Di Kalimantan ternyata juga ada olahan lontong yang tak kalah populer dari daerah Banjarmasin. Dinamakan "orari" karena ada satu tempat makan yang menjual lontong dan sering dijadikan tempat berkumpulnya para pemuda Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI).

Yang berbeda dari lontong biasanya adalah lontong orari ini mempunyai potongan lontong yang unik. Lontongnya berbentuk segitiga dan dihidangkan dengan sayur dengan kuah merah dan lauk ikan haruan, telur, atau ayam.

Meskipun kuahnya berwarna merah, tapi rasanya cenderung manis daripada pedas, khas kuliner masyarakat Banjar. Makanan ini biasanya disajikan sebagai menu makan sehari-hari orang Banjar. 

Lontong Tuyuhan

BACA JUGA:Resep Pindang Telur Ikan Gabus Khas Palembang yang Nikmat dan Gurih, Awas Ketagihan

Disebut lontong tuyuhan karena pembuat dan penjual makanan ini dari Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur. 

Makanan tradisional tersebut terdiri atas lontong dengan sayur santan yang agak pedas dan kental dengan menonjolkan rasa kemiri, jinten, dan bawang.

Lauknya berupa potongan ayam kampung ditemani dengan jeroan dan tempe yang diberi bumbu merah pedas. Yang membedakan lontong tuyuhan dengan lontong opor adalah lontong tuyuhan biasanya menggunakan lontong yang berbentuk segitiga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: