Rasakan Sensasi Rasa Kue Rangi, Penganan Jadul Khas Ogan Ilir

Rasakan Sensasi Rasa Kue Rangi, Penganan Jadul Khas Ogan Ilir

Kue Rangi khas Ogan Ilir.-Foto: Hetty/sumeks.co-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Kue Rangi adalah salah satu penganan tradisional khas dari Kabupaten OGAN ILIR. Pedagang Kue Rangi khas OGAN ILIR satu ini, sudah jarang ditemui. Meskipun ada, jumlahnya hanya sedikit.

Harga satuan Kue Rangi biasanya dijual dengan harga Rp1000. Kue Rangi ini sangat diminati anak-anak, karena rasanya yang manis. Kue Rangi, biasa dinikmati untuk sarapan atau sore hari sebagai cemilan.

Kue Rangi memiliki bentuk lonjong, yang berisikan kelapa parut manis. Untuk balutan Kue Rangi terbuat dari campuran sagu, air putih biasa, dan garam.

Untuk membuat kulit Kue Rangi, Anda bisa mencampur sagu, air putih, dan garam ke dalam sebuah wadah. Bahan-bahan ini lalu diaduk dan diremas-remas hingga menyatu. 

Apabila ingin mendapatkan warna pada kulit Kue Rangi, kalian bisa menambahkan pewarna makanan. Atau, kalian boleh tidak memberikan warna pada kulit Kue Rangi. Berarti warna kulitnya akan berwarna putih sagu.

BACA JUGA:Banyak Nama Kawasan Palembang Berawal Kata Talang, Nomor 7 Jadi Legenda

Adonan untuk kulit Kue Rangi ini jangan terlalu basah dan jangan juga terlalu kering. Karena, apabila terlalu basah ataupun terlalu kering, akan berpengaruh pada hasilnya.

Setelah dirasa sudah pas, panaskan teflon atau wajan anti lengket. Kemudian, ayak adonan untuk kulit Kue Rangi tadi ke dalam wajan. Kalau sudah terlihat kering dan menyatu, kulit Kue Rangi lalu diangkat.

BACA JUGA:Yuk! Intip Cara Membuat Nasi Minyak Khas Sumatera Selatan, Sajian Keluarga Kesultanan Palembang Darussalam

Setelah diangkat dan dirasa dingin, barulah masukkan isinya. Adapun isi dari Kue Rangi adalah kelapa parut yang sudah dicampur dengan gula pasir.

Kemudian, Kue Rangi digulung sedemikian rupa dan tampak cantik. Barulah Kue Rangi bisa disantap.

Kue Rangi ini masih bisa ditemukan di Kecamatan Tanjung Batu, Ogan Ilir. Ada beberapa pedagang makanan yang masih menjual Kue Rangi setiap paginya, untuk menemani sarapan pagi di Tanjung Batu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: