329 Peserta Calon PPK Ikuti Tes Wawancara

329 Peserta Calon PPK Ikuti Tes Wawancara

TES: Ketua KPU Muara Enim Ahyaudin saat di sela-sela tes wawancara PPK Pemilu 2024.--

BACA JUGA:Mitra Makin Jadi Andalan Konsumen, Gojek Berikan Apresiasi Mitra Juara Gojek 2022

Dan yang sangat urgen itu adalah Pengetahuan tentang kepemiluan  mulai dari tekhnis penyelenggaraan pemilu, kelembagaan penyelengaraan pemilu, pengetahuan kewilayahan dan sebagainya. Misalnya, seorang PPK ditanya jumlah desa di wilayah kecamatannya tetapi tidak tahu tentu rasanya aneh, termasuk juga administrasi kepemiluan.

Tentu beda orang yang pernah berkecimpung di lembaga Kepemiluan ketika ditanya tentang administrasi kepemiluan, jenis formulir ditingkat TPS dan lain-lain pasti mereka bisa jawab, namun jika mereka yang belum pernah tentu susah menjawabnya bahkan tidak tahu apa namanya dan apa kegunaannya. Jadi ada 3 item yang kami gali dalam tes wawancara tersebut.

Ahyaudin juga menegaskan, bahwa tidak ada hubungan antara hasil nilai CAT Tinggi bisa meloloskan dalam hasil wawancara. Sebab hasil test CAT hanya mengantarkan mereka untuk ikut tes wawancara.

Nilai hasil tes CAT hanya mengantarkan mereka ke 15 besar saja untuk ikut tes wawancara. Jadi meskipun nilai paling tinggi di CAT, bukan jaminan akan lolos 5 besar.

BACA JUGA:Pasang Dua Titik Kamera ETLE

Untuk itu kami sangat berhati-hati sekali, dan kami berharap PPK  yang terpilih nanti benar-benar yang memenuhi syarat seperti tidak sebagai anggota politik, tidak pernah menjadi.pengurus partai politik dan sebagainya sehingga betul-betul clear.

Untuk yang pernah sebagai tenaga PPS, PPK, KPPS ketika ditanya sudah langsung nyambung, namun ada juga yang belum punya pengalaman tetapi mungkin referensi secara teoritis membaca buku pengetahun umumnya tentang pemilu ketika ditanya nyambung. 

Tetapi sebaliknya ada juga yang tidak nyambung sama sekali ditanya berapa jumlah anggota PPS mereka lupa dan tidak bisa menjawab.

Kadang tidak sinkron antara nilai CAT mereka yang tinggi, namun setelah di tanya wawancara disini mereka malah tidak nyambung. Makanya wawancara ini sangat penting untuk menggali pendalaman materi apakah seseorang itu layak atau tidak. 

BACA JUGA:Jelang Tutup Tahun 2022, Ini Besaran Realisasi Pajak Daerah Kota Palembang

Pada intinya kita akan memilih dari yang terbaik dari yang baik sehinga pihaknya akan mendapatkan penyelenggara di tingkat kecamatan yang benar-benar berkompeten, berkualitas, berintegrasi dan akhirnya dapat melaksanakan tugas sebagai penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan, persoalan tidak ada, dapat berjalan aman dan lancar serta tingkat partisipasinya tinggi.

Terpisah, salah satu peserta tes wawancara PPK pemilu tahun 2024, Tito mengatakan optimis bisa lolos seleksi PPK pemilu tahun 2024.

“Materi wawancara banyak juga tentang tugas PPK, mudah-mudahan lulus kembali,” ujar mantan PPK Rambang ini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: