Ibu Menyusui Wajib Tahu, Tips Memberikan ASI Kepada Buah Hati

Ibu Menyusui Wajib Tahu, Tips Memberikan ASI Kepada Buah Hati

Julius Anzar. foto: m naba anwar sumeks.co--

BACA JUGA:Kasus Ibu Dipolisikan Anak Kandung, Kapolrestabes Palembang: Sudah Berdamai dan Selesai

"Ibu dapat menyangga dengan tangan ataupun mengganjal dengan bantal. Kemudian, tempatkan hidung bayi sejajar dengan puting. Hal ini akan mendorong bayi membuka mulutnya," ungkap Julius Anzar.

3. Perhatikan Jarak Bayi dengan Payudara

Ibu perlu memperhatikan jarak baik saat menyusui agar bayi rileks saat mendapat ASI. Ketika bayi mulai membuka mulutnya dan ingin menyusu, maka dekatkan bayi ke payudara ibu. Tunggu hingga mulutnya terbuka lebar dengan posisi lidah ke arah bawah.

"Jika bayi belum melakukannya, ibu dapat membimbing bayi dengan dengan menyentuh lembut bagian bawah bibir bayi dengan puting susu ibu," tutur dr. Julius Anzar.

4. Waktu Terbaik untuk Menyusui

Bayi bisa menyusu mulai dari 5 menit hingga 1 jam, tergantung kebutuhannya.  Untuk bayi yang baru lahir, biasanya bayi perlu disusui setiap 2–3 jam dengan dengan waktu menyusu 10–15 menit setiap sesinya, tetapi juga bisa lebih lama.

"Umumnya dibutuhkan beberapa waktu untuk adaptasi ibu dan bayi, agar proses menyusui berjalan lancar," Jelas  Julius.

5. Siapkan Perlengkapan Terbaik untuk Menyusui

Selain mempraktikkan cara menyusui yang benar. Ada beberapa alat atau perlengkapan menyusuiuntuk mendukung kenyamanan dan kelancaran menyusui.

BACA JUGA:Anak Mendadak Sakit, Berikut Tiga Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua

Ibu disarankan menggunakan bra khusus menyusui yang memiliki kait atau kancing di bagian depan yang dapat dibuka. Ukuran bra yang pas dan nyaman dapat membantu menghindari tersumbatnya saluran ASI atau terjadinya peradangan jaringan payudara (mastitis).

Untuk mencegah kebocoran ASI pada bra, ibu dapat menggunakan bantalan payudara (breast pad) yang diselipkan pada bagian depan puting. Untuk ibu yang berencana memerah ASI, ibu dapat membeli pompa ASI dan wadah penyimpanan ASI.

"Selain itu, memiliki baju menyusui atau apron menyusui dapat lebih memudahkan saat menyusui di tempat umum, termasuk saat melakukan perjalanan mudik," tutup Julius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: